6 Ciri-Ciri Penderita Diare

6 Ciri-Ciri Penderita Diare

6 Ciri-Ciri Penderita Diare – Penyakit diare sering menyerang anggota keluarga kita, lantas bagaimana upaya kita dalam menangani penyakit diare sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter? Paling tidak penanganan pertama saat menjumpai diare ini. Apa saja sih ciri ciri penyakit ini?

Diare merupakan penyakit buang air besar atau defekasi yang encer lebih dari tiga kali dalam sehari, dengan atau tanpa darah dan dengan atau tanpa lendir dalam feses. Penyakit ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu, diare akut dan diare kronis.

Diare akut atau penyakit diare yang terjadi secara mendadak. Diare ini terjadi berlangsung kurang dari 7 (tujuh) hari pada bayi, anak dan orang dewasa padahal sebelumnya penderita kondisinya sehat-sehat saja.

Diare kronis merupakan diare yang terjadi di luar definisi diare akut, alias diare yang berulang. Apa sajakah ciri-ciri dari diare ini? Ciri-ciri yang mudah untuk dikenali pada penderita diare, yaitu:

  1. Penderitanya akan buang air besar encer atau mencret. Biasanya,penderitanya akan mengalami sakit perut dan mengeluarkan cairan yang menyembur disertai adanya angin atau gas yang keluar taktertahankan.
  2. Sifat fesesnya encer berupa air, disertai darah atau lendir, itu semua tergantung kuman penyebabnya.
  3. Pada kasus-kasus yang lumayan berat, feses penderita diare kronis berwarna kehijau-hijauan sebab sudah tercampur empedu.
  4. Terkadang disertai rasa melilit atau mules sehingga perut menjadi sakit. Rasa sakit yang dirasakan bisa saja ringan ataupun berat tergantung penyebabnya.
  5. Perut penderita diare kronis kerap kembung serta apabila diketuk,perut akan berbunyi nyaring seperti gendang.
  6. Penderita diare kronis terkadang suhu badannya meningkat (demam) yang bisa menyerang dengan mudah pada bayi dan anak anak, akibatnya mereka (bayi dan anak-anak) menjadi cengeng dan gelisah, bahkan tidak mau makan dan minum, kadang-kadang disertai muntah, badan mereka menjadi lemas, mata cekung, ubun-ubun cekung, kulit menjadi tidak elastis yang menandakan mulai kekurangan cairan tubuh), berat badan pun turun drastis.

Pada beberapa kasus, diare berat mampu menyebabkan kesadaran penderitanya menjadi menurun, pingsan hingga kematian. Itulah 6 Ciri-Ciri Penderita Diare yang Mudah Dikenali. Semoga bermanfaat. 

1 thought on “6 Ciri-Ciri Penderita Diare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *