D:\SOREANGKU\2017\dibantu mas bisot\SOREANGKU

7 Cara Mudah Membersihkan Furniture Rotan dan Anyaman

cara

Cara Mudah Membersihkan Furniture Rotan dan Anyaman – Memiliki furniture yang dapat mempercantik hunian merupakan keinginan hampir semua orang. Karena dengan furniture, hunian menjadi lebih indah dan menjadikan kita semakin betah berada di rumah.

Apalagi furniture yang kita pilih adalah rotan atau anyaman yang mampu memberikan kesan alami pada hunian. Namun di balik itu semua, furniture berbahan rotan dan anyaman itu sulit dirawat. Takheran jamak orang yang membiarkan furniture rotan dan anyamannya rusak.

Tapi sekarang membersihkan furniture sudah tidak sesulit dahulu karena kini telah ada cara mudah untuk membersihkan furniture rotan dan anyaman dengan mudah. Apa saja cara- caranya? Berikut ulasannya.

7 Cara Mudah Membersihkan Furniture Rotan dan Anyaman

  1. Sebelum memutuskan untuk memiliki furniture rotan dan anyaman, kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa furniture yang kita inginkan adalah furniture dengan bahan alami atau furniture dengan bahan sintetis. Karena dengan mengetahuinya kita bisa menentukan cara perawatannya yang tentu sangat berbeda satu sama lainnya.
  2. Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk membersihkan furniture rotan dan anyaman adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Setiap vacuum cleaner memiliki bagian ujung yang berbulu, gunakan bagian itu untuk menyentuh sela- sela bagian furniture. Jika tidak ada, gunakan kuas kecil atau sikat gigi bekas yang bagian bulu- bulunya masih berdiri tegak. Bersihkan setiap sela- sela bagian furniture dari debu- debu secara keseluruhan sebelum nanti dibersihkan dengan menggunakan kain kering untuk membersihkan debu- debu itu.
  3. Jika terdapat bagian-bagian dari rotan atau anyaman yang terurai, jangan pernah kita coba untuk menariknya. Karena dengan menariknya, furniture kita akan rusak karena bagian yang terurai itu tidak akan putus dan malah akan semakin besar. Jika kita menemukan hal ini, langkah yang harus dilakukan adalah menggunting bagian yang terurai itu.

    Cara Mudah Membersihkan Furniture Rotan dan Anyaman

  4. Jika furniture kita adalah furniture dengan bahan sintetis, kita bisa langsung menyiramnya dengan air setelah sebelumnya kita taburkan detergen atau sabun. Namun jika tidak memungkinkan, kita bisa mengelap seluruh bagiannya saja dengan kain basah. Jika yang akan kita bersihkan adalah furniture dengan bahan alami, kita bisa menggunakan kain basah untuk membersihkannya. Namun sebelumnya, kita harus perhatikan terlebih dahulu tingkat kebasahan dari kain tersebut. Karena jika kain terlalu basah (air sampai menetes dari kain) akan sangat besar kemungkinannya furniture akan rusak. Namun jika furniture kita berbahan rami, jangan pernah membersihkkannya dengan menggunakan air.
  5. Jika pencucian sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah pengeringan. Pengeringan bisa menggunakan kipas angin, hair dryer atau langsung terkena sinar matahari. Jika kita membersihkan furniture berbahan sintetis, kita bisa langsung mengeringkannya di bawah sinar matahari. Jika yang kita bersihkan adalah furniture dari bahan alami, kita bisa menggunakan hair dryer karena tingkat kepanasan mudah diatur. Salah satu perbedaan dari furniture sintetis dan alami yang harus kita ketahui adalah tingkat ketahanannya. Furniture sintetis justru lebih kuat dan tahan lama karena terbuat dari bahan campuran. Sedangkan furniter dengan bahan alami sangat rentan untuk berbagai jenis kerusakan — misalnya rayap.
  6. Jika kita memiliki furniture rotan atau anyaman yang bermasalah dengan rayap, kita bisa menggunakan larutan kapur barus yang dicampur dengan sedikit minyak tanah lalu dikuaskan ke seluruh bagian dari furniture tersebut.
  7. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah tempat penyimpanan. Furniture dengan bahan alami sangat rentan akan kerusakan. Seperti misalnya ketika saat kita membersihkan furniture dan furniture menjadi basah, akan sangat besar kemungkinannya jamur untuk tumbuh di furniture itu. Selain itu, penjemuran dengan sinar matahari langsung pada furniture rotan dan anyaman dari bahan alami akan membuat furniture berubah menjadi cokelat sesuai sifat dasar dari bahan alami yang digunakan. Oleh karena itu, penyimpanan adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Seperti jangan menyimpan di tempat lembab karena mampu menumbuhkan jamur, dan jangan menyimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Cara Mudah Membersihkan Furniture Rotan dan Anyaman

Cara lain yang bisa kita lakukan agar furniture tetap cantik, mungkin kita bisa menggunakan cairan wax yang kita semprotkan ke seluruh bagian furniture.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat furniture rotan dan anyaman dengan cara yang mudah. Penggunaan wax dapat menjadikan furniture tampak semakin mengkilat dan terlindungi. Semoga bermanfaat. [w2/09-ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *