Ada-9-Alasan-Kenapa-Manusia-Harus-Menangis

Ada 9 Alasan Kenapa Manusia Harus Menangis?

Ada 9 Alasan Kenapa Manusia Harus Menangis? – Menangis adalah perbuatan yang lazim dilakukan oleh jamak manusia. Pemicunya bisa karena emosi yang bermacam-macam. Pertanyaannya, “Kenapa Manusia Harus Menangis?” Para peneliti telah menemukan bahwa menangis mampu memberikan manfaat baik untuk tubuh ataupun pikiran.

Dan manfaat dari menangis ini sudah dirasakan manusia sejak ia dilahirkan, tepatnya di kali pertama bayi menangis. Itulah alasannya manusia harus menangis. Uraian berikut akan menjelaskan lebih dalam alasan manusia harus menangis.

[1] Sebagai media detoks tubuh

Menangis ternyata bisa menjadi media detoks bagi tubuh. Menangis tentu saja mengeluarkan air mata. Ada 3 jenis air mata.

  1. Air mata refleks,
  2. Air mata berkesinambungan,
  3. Air mata emosional.

Mari kita bahas satu per satu, air mata refleks adalah air mata yang keluar akibat adanya benda mikro yang masuk mata kita – misalnya karena debu atau asap. Akibatnya kita akan merasakan iritasi ringan dan mata berair.

Adapun air mata berkesinambungan, maksudnya air mata mengalir terus-menerus. Air mata ini penting sebab nggak kebayang kalau mata kita tidak mengeluarkan air mata berkesinambungan ini. Mata akan kehilangan bahan pelumas dari air mata ini kemudian mata menjadi rentan infeksi.

Selanjutnya air mata emosional. Bersyukurlah sebagai manusia yang mampu mengeluarkan air mata emosional. Pasalnya, air mata ini mampu menyehatkan. Ketika manusia tengah menangis disebabkan adanya sebuah emosi, maka air mata yang keluar 98% berupa air sisanya berupa hormon stres dan racun.

[2] Sebagai penenang diri

Bisa jadi menangis bisa berperan sebagai penenang diri yang paling baik. Para ahli di bidang menangis sudah menemukan bahwa tangisan mampu mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Sistem saraf ini dapat membantu tubuh manusia untuk beristirahat dan mencerna. Manfaat dari menangis memang tidak dirasakan langsung. Namun, usai Anda menangis maka selanjutnya anda akan merasakan perasaan yang lebih tenang.

[3] Peringan rasa sakit

Menangis untuk jangka waktu lama ternyata mampu melepaskan oksitosin dan opioid endogen – atau dikenal sebagai endorfin. Candu alami dalam tubuh ini mampu memberikan kebahagiaan dan sangat berperan besar sebagai peringan rasa sakit fisik dan emosional.

Begitu endorfin dilepaskan, tubuh Anda mungkin mengalami tahap labil. Kemudian oksitosinnya bisa memberi Anda rasa tenang dan menyehatkan.

[4] Meningkatkan mood

Suasana mood pada manusia itu fluktuatif, kadang meningkat kadang menurun. Nah, di saat mood menurun, manusia bisa meningkatkannya dengan cara menangis terlebih dulu. Seiring dengan manfaatnya membantu Anda meringankan rasa sakit, menangis sambil terisak mampu meningkatkan semangat (moody) Anda.

Saat Anda terisak, Anda menghirup udara dingin dengan cepat. Pernapasan di udara dingin bisa membantu mengatur dan bahkan menurunkan suhu otak Anda. Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran daripada otak yang hangat apalagi panas.Sehingga mood Anda berkesempatan untuk membaik setelah usai menangis.

[5] Mengundang Empati

Jika Anda merasa bersedih, jangan ragu-ragu untuk menangis. Karena itu merupakan cara untuk membiarkan orang di sekitar Anda tahu bahwa Anda membutuhkan dukungan. Hal ini laim disebut dengan manfaat interpersonal.

Ada 9 Alasan Kenapa Manusia Harus Menangis?

Sejak kita masih bayi saja, menangis telah menjadi perilaku keterikatan yang berfungsi untuk mendapatkan kenyamanan dan perawatan dari orang lain. Hal ini sangat membantu ketika manusia atau seseorang membangun jaringan untuk mendapatkan dukungan sosial. Anda tidak menanggung permasalahan yang dihadapi sendirian, untuk itu menangislah …

[6] Memulihkan Kesedihan

Justru dengan menangis, seseorang akan pulih dari rasa sedih. Bersedih adalah sebuah proses; kesedihan, mati rasa, rasa bersalah, dan kemarahan. Menangis berperan sangat penting selama masa berduka. Luapkanlah emosi sedih Anda dengan menangis.

[7] Penyeimbang Emosi

Menangis tidak hanya terjadi sebagai respons terhadap sesuatu yang menyedihkan, takut atau stres. Sebaliknya, Anda mungkin menangis saat Anda sangat bahagia? Periset di Yale University percaya bahwa menangis dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional. Bila Anda sangat bahagia atau takut akan sesuatu kemudian menangis dengan emosional, itulah ekspresi tubuh Anda dalam memulihkan perasaan.

BACA JUGA: Jangan Melakukan Hal Berikut Ini Ketika Pria Menangis

[8] Membantu bayi bernafas

Tangisan bayi yang pertama kali keluar dari rahim adalah tangisan yang sangat penting. Bayi menerima oksigen di dalam rahim melalui tali pusar. Begitu bayi lahir, mereka harus mulai bernapas dengan sendirinya. Tangisan pertama adalah yang membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan kehidupan di dunia luar dan penentu baginya untuk terus hidup. Dan menangis juga membantu bayi mengeluarkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut.

[9] Membantu bayi tidur

Menangis juga bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah penelitian, bayi dibiarkan menangis selama beberapa menit sebelum ada campur tangan kedua orang tuanya. Tangisan tersebut meningkatkan panjang tidur dan mengurangi jumlah bayi yang terbangun pada malam hari. Kebiasaan ini bila berulang-ulang hingga 1 tahun lamanya tidak meningkatkan stres pada bayi atau berdampak negatif bagi hubungan antara orang tua-anak.

Tapi adakah menangis yang berlebihan sehingga perlu penanganan khusus?

Ada 9 Alasan Kenapa Manusia Harus Menangis
ilustrasi: menangis bahagia #happytears [internet]
Menangis dalam menanggapi sesuatu yang membuat Anda bahagia atau sedih itu normal dan sehat. Jangan menahan tangis, karena meneteskan air mata itu perlu. Namun, perlu berhati-hati juga dengan menangis yang berlebihan.

Ada 9 Alasan Kenapa Manusia Harus Menangis?

Kalau sudah dijumpai gejala menangis yang berlebihan harus dibicarakan dengan dokter. Gejala yang dimaksud adalah menangis yang mulai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda atau ada gejala depresi.

Gejala depresi meliputi:

  1. Perasaan sedih atau putus asa
  2. Perasaan frustrasi
  3. Perubahan nafsu makan atau penurunan berat badan atau kelebihan
  4. Tidak bergairah,
  5. Kesulitan tidur atau terlalu banyak tidur,
  6. Sakit atau nyeri yang tidak jelas,
  7. Memikirkan kematian atau condong ingin bunuh diri.

Demikianlah penjelasan artikel tentang Ada 9 Alasan Kenapa Manusia Harus Menangis? Semoga bisa menjadi tambahan bacaan yang bisa membantu Anda. [w2/09-ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *