Cara Membuat Kripik Kentang yang Renyah dengan Mudah

Cara Membuat Kripik Kentang yang Renyah dengan Mudah

tips

Cara Membuat Kripik Kentang yang Renyah dengan Mudah – Kripik kentang merupakan salah satu camilan yang cocok untuk berbagai macam suasana. Mungkin dulunya kripik ini hanya memiliki rasa original saja. Hari ini, kripik ini sudah mengalami banyak perubahan penyajian.

Dengan berbagai macam varian rasa seperti keju, balado, pedas dan berbagai rasa yang lain. Kentang memiliki nama ilmiah Solanum tiberrosum L. Umbi kentang sendiri digunakan oleh manusia untuk membuat berbagai macam olahan makanan. salah satu makanannya adalah kripik ini.

Kripik dari kentang adalah salah satu makanan ringan yang cocok disantap sebagai camilan saat menonton televisi, santai atau pun ketika berkumpul bersama dengan keluarga. Makanan olahan yang berasal dari kentang ini sudah dipasarkan dengan berbagai macam merek dan varian rasa.

Karena hampir semua orang suka mengkonsumsi makanan ini. lantas, bagaimana cara membuat kripik yang enak, gurih dan renyah? Untuk membuat kripik kentang, Anda cukup menyediakan bahan utama yakni kentang.

Anda bisa membeli 1 kg kentang agar bisa membuat kripik dengan porsi yang besar. Akan tetapi jangan memilih kentang dengan sembarangan karena bisa mempengaruhi kualitas rasa dari kripik yang akan Anda buat.

Usahakan membeli kentang yang berukuran besar, berkulit halus dan berumur tua. Setelah itu, sediakan kapur sirih serta air secukupnya. Kapur sirih digunakan sebagai bahan rendaman kentang. setelah itu untuk bumbu dasar, sediakan 1 ½ sendok teh garam halus, bawang putih bubuk, merica halus serta gula secukupnya.

Agar rasa lebih nikmat, Anda bisa menambahkan paprika bubuk. Terakhir, sediakan berbagai macam bumbu tabur. Untuk pemilihan bumbu tabur, Anda bisa bebas dalam memilih. Anda bisa memilih bumbu yang paling menggoda selera Anda.

Bumbu tabur keripik ini saat ini sudah berada di pasaran. Sehingga Anda tidak harus mengolahnya sendiri. Biasanya, varian bumbu tabur untuk kripik ini seperti cabai bubuk, barbeque, keju bubuk serta balado. Bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Kripik Kentang yang Renyah dengan Mudah

Cara Membuat Kripik Kentang yang Renyah dengan Mudah

Berikut langkah untuk membuat kripik dari kentang:

  1. Untuk membuat kripik dari kentang, Anda bisa mengupas kentang dan mencucinya hingga benar-benar bersih. Agar kupasan bisa tipis serta merata, Anda bisa menggunakan parutan khusus kripik, alat ini bisa menghasilkan irisan yang memiliki ketebalan sangat tipis hingga 1/8 inch,
  2. Larutkan kapur sirih bersama air, masukkan irisan kentang dan aduk sebentar saja,
  3. Tiriskan di atas kertas handuk hingga benar-benar kering. Beri bumbu dasar untuk bahan-bahan di atas,
  4. Cara membuat bumbu dasar kripik sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur semua bahan bumbu dan aduk hingga benar-benar merata. Sesudah itu panaskan minyak dengan menggunakan api kecil. Usahakan menggunakan minyak yang banyak sehingga proses penggorengan bisa berjalan dengan sempurna,
  5. Masukkan kentang, dan goreng. Anda tinggal menunggu kentang berubah menjadi warna kuning kecoklatan dan tiriskan,
  6. Jangan lupa taburi kripik yang telah digoreng dengan menggunakan bumbu tabur,
  7. Kripik pun siap disajikan.

Cara Membuat Kripik Kentang yang Renyah dengan Mudah

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat kripik kentang agar bisa berjalan sempurna ialah rendaman kentang di air dingin, selain itu campurkan kapur sirih sehingga kandungan gula yang berada di dalam kentang dapat mengurang.

Anda juga bisa memperhatikan proses pengeringan di penggorengan. Sebetulnya, mengkonsumsi kripik dari kentang ini memiliki banyak manfaat. Anda dapat mengambil manfaat dari kentang sebagai bahan utama untuk membuat kripik.

Kentang bisa dijadikan sebagai sumber karbo alternatif, apalagi jika Anda menderita penyakit diabetes, selain itu kentang bisa mencegah penyakit sembelit.  [w1/01-BL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *