Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit--ilustrasi kerajaan_majapahit

Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit 

sejarah

Bicara Kerajaan Majapahit berarti bicara Hayam Wuruk yang juga disebut Rajasanagara. Ia memerintah Majapahit dari tahun 1350 hingga 1389. Puncak kejayaan kerajaan ini taklepas dari tangan dingin mahapatihnya, yaitu Gajah Mada. Di bawah komandonya (1313-1364), Majapahit menguasai lebih banyak wilayah.

Tapi walaupun Majapahit kokoh dan takterkalahkan tersebut tetap bisa runtuh takberdaya. Sehingga menimbulkan pertanyaan, Apa faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit?

Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Siapa yang tidak mengenal kerajaan Majapahit? Tentunya kerajaan ini sangat terkenal di Indonesia. Berdasarkan catatan sejarah, kerajaan ini telah memerintah antara abad ke 13 hingga abad ke 15 masehi.

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan di Nusantara yang sangat besar dan berkuasa. Hal ini ditunjukan melalui catatan sejarah dimana Nusantara memiliki luas wilayah yang sangat besar.

Luas wilayah Nusantara sama dengan wilayah Indonesia saat ini ditambah dengan seluruh dataran Malaysia. Kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaan atau zaman keemasan pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk.

Hayam Wuruk tidak sendiri, ia dibantu oleh seorang mahapatih yang terkenal dengan Sumpah Palapa (sumpah untuk mempersatukan nusantara) bernama Patih Gajah Mada.

Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Catatan mengenai kekuasaan Majapahit terdapat dalam kitab Nagarakretagama. Dalam kitab tersebut diceritakan, kekuasaan Majapahit saat itu terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur (meskipun wilayah kekuasaan ini masih diperdebatkan).

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang tumbuh dan berkembang mulai dari wilayah Jawa Timur yang akhirnya menjadi sebuah kerajaan nusantara yang luas. Kerajaan Majapahit merupakan kerajan hindu budha terakhir yang menguasai nusantara di bawah pemerintahan Hayam Wuruk.

Setelah masa keemasan Kerajaan Majapahit terus menurun sampai pada akhirnya digantikan kerajaan lain. Padahal di bawah pemerintahan Hayam Wuruk, kerajaan ini bisa dianggap sebagai adikuasa.

Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Mengapa bisa demikian? Ada jamak faktor yang menyebabkan kerajaan Majapahit runtuh lalu menghilang dan digantikan kerajaan lain di Nusantara, diantaranya:

  • Hayam Wuruk wafat,
  • Terjadi perang saudara yang disebut dengan Perang Paregreg. Perang sengit yang memperebutkan tahta kerajaan antara kedua keturunan Hayam Wuruk.
  • Hadirnya para pendatang muslim ke nusantara dengan membawa ajaran Islam. Kehadirannya memberi pengaruh Majapahit melemah di kalangan pedagang dan penduduk Nusantara.
  • Setelah Hayam Wuruk, tidak ada keturunan yang mampu memerintah dan mengendalikan wilayah taklukan di luar pulau Jawa.
  • Jamak terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh setiap daerah yang telah ditaklukkan.
  • Kerajaan Demak berhasil menaklukkan kerajaan Majapahit. Ini pula yang menjadi titik awal kerajaan Islam bangkit dan menjadi penguasa Nusantara baru.

Itulah penjelasan singkat yang menjadi dasar kenapa kerajaan Majapahit bisa berubah 360° dari penguasa menjadi tidak berdaya. [w2/09-ini]

1 thought on “Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *