Mengenal Objek Kebanggaan Kabupaten Bandung; Kampung Wisata Desa Ciburial

Mengenal Objek Kebanggaan Kabupaten Bandung; Kampung Wisata Desa Ciburial

Bandung wisata

Sebagai pengunggah pertama artikel ini di media sosial Facebook, Latief Akhmad menuliskan kalimat pengantar yang cukup aduhai saat memperkenalkan Kampung Wisata Desa Ciburial kepada warganet.

Salam Desa Membangun,

Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung menawarkan beragam aktivitas wisata menarik, baik wisata alam, wisata budaya maupun agro-ekowisata. Ada curug alias air terjun, perbukitan, taman, sampai kuliner yang menggoyang lidah.

Desa Ciburial terletak di daerah perbukitan Bandung Utara yang membuatnya seperti seorang gadis molek yang mengundang decak kekaguman dan kerinduan. Lokasi Desa Ciburial juga dapat dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi.

Berikut ini profil singkat Desa Wisata Ciburial yang dikelola oleh Kang Ayi Sumarna sekaligus Kaur Keuangan desa tersebut.

Nama Desa Wisata Ciburial
Pengelola Pemerintah Desa Ciburial
Alamat Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat
Kontak Ayi Sumarna (Kaur Keuangan)
Telepon +62-
Website http://ciburial.desa.id

Mengenal Objek Kebanggaan Kabupaten Bandung; Kampung Wisata Desa Ciburial

Secara letak geografis, Desa Ciburial berada di ketinggian 750 – 1.200 meter dpl (di atas permukaan laut). Yang patut dibanggakan oleh desa ini – salah satunya adalah terdapat pemandangan alam sangat indah serta udara yang relatif sejuk.

Takjarang mengundang jamak turis lokal atau mancanegera yang menyempatkan hadir di Desa Wisata Ciburial. Setiap wisatawan bisa melakukan beragam aktifitas outdoor, seperti;

  • treking,
  • bersepeda,
  • hiking.

Tidak ketinggalan pula, para pengunjung yang datang ke desa yang berada di wilayah Kabupaten Bandung ini bisa melihat seni budaya Sunda dengan beragam komunitas, semisal Komunitas Hong.

Bagi Anda yang hendak bertandang ke Komunitas Hong, dapat berkesempatan untuk bermain permainan tradisional Sunda, seperti;

  • sorodot gaplok,
  • sonlah, dan
  • congklak.

Desa Wisata Ciburial pun senantiasa menawarkan pengalaman langsung kehidupan di daerah pertanian dengan melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh petani. Di sini sudah lama terdapat peternakan lebah yang menghasilkan madu bermutu dan lezat yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Di peternakan lebah yang ada di desa wisata ini, pengunjung pun dapat merasakan sensasi bagaimana praktek berternak lebah. Untuk bisa belajar beternak lebah di Desa Wisata Ciburial, terdapat paket belajar selama seminggu. Dan bila suka dengan tantangan, pengunjung diberi kesempatan untuk merasakan kepala dan tubuhnya dikerubuti lebah yang sensasional pastinya.

Mengenal Objek Kebanggaan Kabupaten Bandung; Kampung Wisata Desa Ciburial

 

TAHUKAH ANDA? Desa Ciburial terletak di daerah perbukitan Bandung Utara yang membuatnya seperti seorang gadis molek yang mengundang decak kekaguman dan kerinduan. Lokasi Desa Ciburial juga dapat dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi.

Begitu pun dengan dunia kuliner, seantero Bandung sudah mengakui bahwa peuyeum Cimenyan yang terbuat dari ubi kayu hasil bumi di sana sangatlah enak. Jamak dari para pedagang peuyeum yang menyengaja membeli panganan tersebut dari para produsen peuyeum langsung yang terdapat di Desa Ciburial. Tidak hanya peuyeum, Tahu Ciburial pun sangat enak, restoran-restoran besar tidak jarang yang mengambil tahu dari desa ini.

Menyinggung soal pariwisata, di Desa Wisata Ciburial terdapat jamak pondok wisata yang sengaja disewakan bagi pengunjung yang hendak bermalam guna menikmati suasana di perdesaan. Dikeesokan harinya, pengunjung bisa datang ke curug alias air terjun dan perbukitan.

Mengenal Objek Kebanggaan Kabupaten Bandung Kampung Wisata Desa Ciburial
[sumber: tertera]
Itulah Desa Wisata Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung menawarkan banyak sekali aktivitas wisata menarik, baik wisata alam, wisata budaya maupun agro-ekowisata. Pembaca … Anda penasaran dengan Desa Wisata Ciburial? Coba deh datang ke sana … Selamat Berwisata!


Sumber: http://inovasidesa.or.id/2017/12/03/id-01060-desa-wisata-desa-ciburial-kampung-cantik-di-pinggir-kota-bandung/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *