Sekilas Tentang Pasukan Bhayangkara Majapahit

Sekilas Tentang Pasukan Bhayangkara Majapahit

Sekilas Tentang Pasukan Bhayangkara Majapahit –¬†Kita semua mengenal apa itu Majapahit. Sebuah kerajaan besar yang ada di tanah Nusantara pada masa lalu yang memiliki kekuasaan sampai dengan Australia. Majapahit adalah kerajaan besar yang sangat dihormati oleh kerajaan- kerajaan lainnya.

Tapi walaupun sangat banyak yang membahas kemegahan dari Majapahit, sayangnya hanya sedikit yang membahas tentang pasukan Bhayangkara yang memiliki kontribusi yang besar dalam kemegahan Majapahit.

BACA JUGA: Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Sekilas Tentang Pasukan Bhayangkara Majapahit

Pasukan Bhayangkara adalah salah satu contoh pasukan elit yang dimiliki oleh kerajaan- kerajaan Nusantara. Bahkan dapat dikatakan bahwa pasukan Bhayangkara adalah salah satu pasukan elit yang sangat di takuti pada masanya. Dan pasukan Bhayangkara inilah yang membuat Majapahit memenangkan peperangan penting semasa kejayaannya.

Pasukan Bhayangkara bukanlah pasukan yang terbuat dari prajurit- prajurit perang biasa. Pasukan ini terdiri dari prajurit- prajurit terlatih dan memiliki berbagai macam kemampuan diatas rata- rata prajurit pada biasanya.

Bahkan untuk menjadi pasukan Bhayangkara ini pun, seorang prajurit harus melewati berbagai macam tahap seleksi yang sangat sulit untuk diselesaikan. Itulah kenapa pasukan Bhayangkara hanya terdiri dari sedikit orang.

Namun, walaupun terdiri dari sedikit orang, pasukan Bhayangkara adalah pasukan yang sangat diandalkan pada saat berperang. Karena perbandingan satu orang pasukan Bhayangkara adalah empat puluh pasukan perang biasa. Hal ini karena masing- masing dari setiap satu orang pasukan Bhayangkara memiliki banyak kemampuan yang tidak dimiliki pasukan lainnya. Seperti ilmu bela diri, ilmu tenaga dalam atau kanuragan, seni menggunakan senjata tajam, ahli strategi, bahkan ilmu intelejen.

Sekilas Tentang Pasukan Bhayangkara Majapahit

Pasukan Bhayangkara memiliki pengaruh yang sangat besar bagi Majapahit. Hal ini karena pasukan Bhayangkara selalu menjaga keselamatan sekaligus pengawal pribadi raja serta keluarga kerajaan, menjaga ketertiban, kemanan, penegak hukum serta pelindung rakyat. Dan karena prestasi yang dimilikinya inilah pasukan Bhayangkara kemudian dikenal oleh dunia. Terutama pada saat terjadi pemberontakan Rakuti pada tahun 1316 M.

Rakuti adalah Sengkuni dari kalangan Dhamaputera yang merupakan bentukan dari Raden Wijaya yang memberontak kepada titah raja kedua Majapahit, Jayanagara. Namun Jayanagara berhasil diselamatkan oleh Gajahmada yang disertai dengan pasukan Bhayangkara dan berhasil menghentikan pemberontakan Rakuti tersebut.

Kesetiaannya kepada kerajaan, menjadikan pasukan Bhayangkara menjadi sosok yang sangat dihormati. Bahkan karena pencapaian yang dimilikinya pada masa lalu, pasukan Bhayangkara Majapahit menjadi sosok inspirasi dari terciptanya pasukan Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia. [w2/09-ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *