Tips Memilih Furniture Indonesia Khas Jepara-

Tips Memilih Furniture Indonesia Khas Jepara

tips

Tips Memilih Furniture Indonesia Khas Jepara – Jepara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan.

Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa. Jepara selama ini dikenal sebagai sentra penghasil mebel atau furniture Indonesia dengan kualitas terbaik. Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan hingga di ekspor ke luar negeri.

Akan tetapi, bagaimana cara memilih furniture Indonesia dengan kualitas terbaik khas Jepara? Artikel berikut akan mengulasnya untuk Anda.

Hindari furniture yang terdapat lubang

Lubang pada furniture biasanya terdapat pada kayu jati. Pada kayu jati biasanya terdapat lubang yang berasal dari binatang sejenis rayap yang membuat bagian kayu tersebut menjadi lapuk.

Akibatnya, furniture yang Anda beli tidak memiliki ketahanan yang maksimal karena adanya lubang tersebut. Oleh karena itu, sebisa mungkin perhatikan detail kayu dan jangan pilih furniture Indonesia khas Jepara yang terdapat lubang didalamnya.

Pilih furniture dengan bahan baku kayu jati tua

Kayu jati tua dikenal memiliki kekuatan yang luar biasa. Hal tersebut dikarenakan kayu jati memiliki serat kayu yang padat sehingga mengakibatkan bobot furniture menjadi lebih berat.

Tips-Memilih-Furniture-Indonesia-Khas-Jepara

Tips Memilih Furniture Indonesia Khas Jepara

Untuk mengetahui apakah kayu jati tersebut tua atau tidak Anda dapat memperhatikan warna kayu tersebut. Biasanya kayu jati tua memiliki warna coklat agak kemerah-merahan dan merata di seluruh bagiannya.

Pilih furniture dengan hasil akhir yang rapi

Hasil akhir atau finishing merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih furniture khususnya furniture khas Jepara. Meskipun terkenal akan kualitasnya, Anda tetap harus selektif dan melihat betul detail hasil akhir dari furniture yang ingin Anda beli.

Caranya, Anda dapat meraba furniture tersebut apabila dirasa halus maka dapat dikatakan furniture tersebut memiliki finishing yang baik dan berkualitas tinggi.

Perhatikan kontruksi furniture

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kontruksi dari furniture yang ingin Anda beli. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memperhatikan apakah rangka dari furniture tersebut terlihat simetris atau tidak. Apabila tidak, maka dapat dikatakan furniture tersebut tidak memiliki kualitas yang baik. [12/2017/ibm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *