Soreangku

4 (Empat) Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube

4 Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube

Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube — Akun Youtube adalah istilah yang menunjukkan kepemilikan sebuah entitas salah satu produk Google. Ketika Anda sudah memiliki akun Google atau paling tidak sudah menggunakan Gmail, maka Anda pun akan dengan mudah mempunyai akun YouTube lalu menamai channel-nya.

Lantas Apa sih Channel YouTube?

Apabila seorang pengguna internet sudah memiliki akun mulai dari Gmail lalu Anda juga mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun YouTube maka selanjutnya dengan mudah Anda dapat membuat channel YouTube.

Channel YouTube adalah saluran program acara yang berisi konten kreatifitas pemiliknya. Biasanya, channel YouTube berupa nama atau brand – misalnya: Channel Baim Paula (BaPau) atau Ricis Official – kedua nama channel tersebut adalah contoh channel YouTube populer dari sekian banyak channel yang ada di dunia per-YouTube-an tanah air.

Hari ini hampir semua orang sudah mengenal YouTube dan mempunyai channel-nya masing-masing. Dan YouTube telah memasyarakat serta sudah bukan lagi produk Google yang asing. Orang bisa dengan mudah membuat akun YouTube.

Akan tetapi di luar semua kemudahan tersebut, pengguna gadget tidak boleh lengah khususnya dari segi keamanan. Dan perhatikan dengan seksama bagaiaman cara mengamankan akun YouTube.

4 (Empat) Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube

Google telah menyiapkan penjelasan bagaimana setiap pemilik akun YouTube bisa menggunakan YouTube dengan aman. Inilah 4 (Empat) Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube.

1) Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Dua langkah antara lain; membuat sandi dan keamanan tambahan sehingga akun YouTube anda benar-benar terlindungi dengan aman. Prakteknya, Anda memproses sandi atau password menggunakan desktop atau PC dan keamanan tambahannya di perangkat ponsel pintar Anda.

Google menamainya dengan istilah lapisan keamanan ekstra. Satu kali proses dengan dua langkah, misal: Anda login di PC dengan sandi lalu membuka kode verifikasi unik di smartphone.

Dengan tindakan ekstra tersebut, walaupun orang lain berniat jahat membobol akun YouTube Anda dengan berbekal kata sandi tidak akan mampu masuk ke dalam akun Anda.

Perhatikan gambar berikut.

gambar 1 mengamankan akun YouTube
gambar 1 mengamankan akun YouTube

1 a. Login menggunakan akun Gmail untuk mengelola keamanan akun YouTube.

1 b. Masukkan kata sandi atau password Gmail Anda. Lalu klik tombol Berikutnya.

Selanjutnya, Anda akan menentukan perangkat ponsel pintar sebagai alat verifikasi atau langkah ekstra, seperti gambar screenshot berikut ini.

LANGKAH 2 - mengamankan akun YouTube
LANGKAH 2 – mengamankan akun YouTube

Sebenarnya, ada banyak pilihan langkah kedua yang tersedia untuk menjadi pilihan Anda saat akan mengamankan akun, namun kali ini kami hanya mencontohkan pilihan menggunakan smartphone saja.

Dari gambar 1 dan 2 di atas, Google telah mengajak kita untuk mengamankan akun YouTube. Pertama login ke Gmail lalu tambahan langkah keamanan ekstra akan dikirimkan ke ponsel yang terverifikasi. Anda tinggal mengiyakan saja untuk menjawabnya sehingga bisa login ke akun YouTube.

2) Atur Tingkat Ijin Pengguna Channel

Langkah selanjutnya saat Anda bermaksud untuk mengamankan akun YouTube, yaitu mengatur tingkat ijin pengguna channel. Oleh karena langkah ini menentukan pengguna yang dapat mengakses ke channel YouTube Anda maka Anda wajib memeriksa secara berkala, siapa saja orang yang memiliki akses penuh masuk menggunakan channel YouTube.

Caranya, Anda masuk ke dashboard YouTube Anda.

Mengatur Level Pengguna Channel YouTube
Mengatur Level Pengguna Channel YouTube

a. Pastikan Anda sudah berada di dasbor YouTube.

b. Pilih setelan atau setting yang berada di jajaran menu sebelah kiri.

Kemudian pastikan Anda masuk ke halaman setelan atau setting.

Kelola Ijin Orang Orang yang Berhak Menggunakan Channel YouTube
Kelola Ijin Orang Orang yang Berhak Menggunakan Channel YouTube

Lalu klik Izin, di menu KELOLA IZIN Anda dapat mengundang siapa saja orang-orang yang berhak mengelola channel YouTube. Setelah Anda sudah menentukan orang-orangnya, lalu Anda tentukan tingkat peran dari orang-orang tersebut. Penjelasan mengenai tingkatan peran pengguna Channel YouTube, bisa masuk ke sini.

3) Buat Password atau Kata Sandi yang Kuat

Langkah selanjutnya dari tahapan 4 (Empat) Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube, yaitu membuat sandi yang kuat serta jangan sampai beri tahu orang lain.

Sebuah sandi yang kuat adalah sandi yang merupakan kombinasi antara huruf besar serta kecil, angka dan simbol. Lalu Anda tambah pula dengan informasi pemulihan terbaru serta merahasiakannya. Langkah keamanan ini akan membantu melindungi akun YouTube.

Dan per 1 Nopember 2021, setiap pemilik akun YouTube – apalagi Anda yang memonetisasi YouTube-nya, wajib mengamankan akun dengan menggunakan 2-Step Verification.

4) alias Langkah Terakhir: Hindari dan Laporkan Scam Phising serta Malware

Phishing merupakan perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab yang berupaya mengelabui Anda agar mengungkapkan informasi pribadi penting, semisal sandi.

Atau upaya orang lain yang menggiring Anda agar mengunduh dokumen atau software, padahal itu ‘malware’ yang sengaja membahayakan sehingga merusak komputer atau perangkat ponsel Anda.

Itulah 4 (Empat) Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube yang bisa kami informasikan dan agar lebih jelas, silakan tonton video YouTube berikut ini.


BACA JUGA: Review Jam Pintar Galaxy Watch Active Dari Samsung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.