Apa itu NFT?

Apa itu NFT?

Apa itu NFT? Ia adalah digital berupa token yang mewakili kepemilikan atas suatu benda atau barang tertentu yang unik dan berbeda. Kegunaannya adalah sebagai bukti kepemilikan otentik atas suatu karya. Saat ini jamak orang menggunakannya untuk karya seni, item dalam game dan barang koleksi lainnya.

Apa itu NFT?
Apa itu Non Fungible Token

Namun di masa yang akan datang, NFT berguna untuk aspek kehidupan lain, seperti; sertifikat keaslian software, akta kelahiran dan kematian. Saat ini orang jamak yang berasumsi tidak berguna, “untuk apa beli sesuatu mahal-mahal padahal tidak bisa dipegang fisik aslinya?” Padahal bila kita coba pikir-pikir kembali membeli NFT itu sama halnya ketika kita tengah bermain game, lalu butuh skin maka kita berusaha membelinya padahal sama juga tidak bisa disentuh di dunia nyata.

NFT Sudah Menjadi Kebutuhan Digital

Saat bermain game, misal Fortnite, Mobile Legends, Dota 2 dan lain sebagainya — lalu sebagai gamer, kita membeli item di game tersebut (skin, contohnya) karena membutuhkannya. Begitu pula dengan NFT, ia sudah menjadi kebutuhan digital dan berguna bagi pemiliknya apalagi item yang kita punya tersebut merupakan barang unik dan langka. Semua ini berangsur-angsur menjadi kebutuhan digital bagi setiap orang hingga pada akhirnya semua aspek kehidupan di masa depan benar-benar full digital.

NFT Cocok untuk Digital Creator, Seniman dan Musisi

Semenjak pandemi, digital creator, seniman dan musisi adalah sekelompok orang yang terdampak secara signifikan. Dengan memanfaatkan NFT, mereka bisa mendapatkan solusi dengan cara menjual karya mereka secara global dan lebih terbuka di market global. Tidak saja digital image dan lukisan tapi bisa juga menjual musik sebagai NFT.

Blockchain untuk Menjual NFT

Untuk bisa membuat suatu karya dan menjualnya sebagai NFT, sebelum membuatnya kita harus memikirkan terlebih dahulu mau pakai blockchain apa untuk menjual NFT-nya? Saat ini Etherium adalah salah satu blockchain populer untuk menjualnya. Selain Etherium, blockchain lain yang bisa kita pilih saat akan menjualnya, antara lain; Binance Coin, Polkadot Coin, Tezoz Coin dan Flow Coin.

Dan setiap blockchain tersebut memiliki standar token NFT-nya masing-masing, layanan wallet yang compatible dan layanan pasar masing-masing. Contoh, kita menggunakan blockchain Binance Smart Chain maka kita tidak bisa menjualnya di platform selainnya. Kita hanya bisa menjualnya di platform yang hanya mendukung Binance Coin saja.

Tahukah Anda? Saat ini Etherium masih menyandang gelar blockchain yang paling populer sebagai penerbit NFT.

Platform NFT dari Etherium adalah OpenSea. Untuk membuat NFT di tempat ini tidak memerlukan biaya hanya saja kita harus menyiapkan saldo untuk membayar gas fee etherium. Jadi siapkan saja saldo ETH di wallet kita masing-masing dan kita tinggal menghubungkan wallet ke OpenSea tanpa harus membuat platform. Salah satu wallet yang bisa dipakai adalah Metamask.

[1] Masuk ke portal OpenSea.io

Setelah masuk, pilih my collection yang ada di menu pojok sebelah kanan atas.

[2] Menghubungkan Wallet

Yang dicontohkan adalah wallet Metamask. Lalu setup halaman koleksi untuk menyimpan item yang akan kita jual dengan cara klik create.

[3] Memasang Logo dan Deskripsi Halaman Koleksi

Pada saat kita membuat halaman koleksi, kita diajak memasang logo dan menulis deskripsi halaman koleksi punya kita. Kalau kita mau mengubah data, bisa dengan mudah mengubahnya dengan cara klik edit. Kita pun dapat mengatur beberapa hal lainnya saat membuat halaman koleksi di OpenSea. Misalnya mengatur royalti atau komisi. Dan kita pun bisa mengatur memilih kripto apa saja yang ingin kita terima saat pembayaran. Dan untuk memastikan bahwa pengguna halaman koleksi itu diri kita sendiri bukan orang lain maka kita akan diajak untuk membuat tanda tangan digital.

[4] Menerbitkan Karya NFT

Setelah sudah punya halaman koleksi, maka langkah selanjutnya kita menambah koleksi NFT-nya. Caranya klik add item lalu masukkan berkas atau file yang akan kita jadikan NFT. Lalu tulis nama NFT-nya, deskripsi. Kita pun bisa menambahkan atribut lain, misal kalau NFT kita adalah sebuah karakter, kita bisa mengatur memberikan nama dan levelnya. Setelah selesai pengaturan, tinggal jual saja NFT-nya.

[5] Jenis Penjualan NFT

Saat kita mulai menjual NFT, kita kenali dulu jenisnya; ada penjualan tetap, ada juga lelang. Silakan atur, harganya berapa dan mau menjualnya berapa lama? Setelah kita berhasil mengatur dan mulai menjual kita akan diminta biaya gas fee yang berkisar antara $80 hingga $100. Jadi siapkan saja saldo di Metamask sekitar $100.

Apa itu NFT?

Intinya kita punya plaform Etherium dan menyiapkan saldo untuk membayar gas fee-nya. Demikian artikel mengenai apa itu NFT? Untuk lebih jelas dengan audio visual dari sumber aslinya di bawah ini.


BACA JUGA: VIDEO Cara Berjualan Online di Bukalapak

VIDEO Cara Berjualan Online di Bukalapak

 

Tinggalkan Balasan