berpikir positif

Bagaimana Agar Kita Selalu Bisa Berpikir Positif?

kesehatan psikologi

Benarkah Selalu Berpikir Positif Dapat Menyehatkan Tubuh? Simak Artikel berikut Ini.

Berpikir adalah sebuah kenikmatan tersendiri yang diberikan oleh Tuhan pada manusia. Itulah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Dan ternyata, jika kita senantiasa selalu berpikir positif, hal itu akan memberikan dampak positif juga pada tubuh kita. Bagaimana pikiran positif mempengaruhi kesehatan kita?

Otak adalah pusat kontrol dalam tubuh. Sehingga apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi tubuh kita secara tidak langsung. Dan jika kita memiliki pikiran yang ‘sehat’ (positif), maka tubuh kita juga akan sehat.

Psikosomatrik atau gangguan psikis yang akan berdampak pada kesehatan tubuh dapat terjadi ketika seseorang mengalami stres atau depresi sehingga kesehatan tubuhnya akan ikut mudah terganggu.

Ketika kita berpikir positif, maka otak akan tersugesti untuk memaksimalkan kinerja tubuh, sehingga berbagai permasalahan tubuh akan mudah ditanggapi dan diatasi.

Bagaimana Agar Kita Selalu Bisa Berpikir Positif?

Otak adalah sesuatu yang bisa kita kontrol. Jadi, agar kita selalu mempunyai pikiran yang positif, kita harus mengontrol dulu otak kita.

Pertama, open mind. Lihatlah dunia, jangan terfokus pada hal yang itu-itu saja karena di luar sana ada banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran.

Kedua, kontrol emosi. Mulailah untuk mengontrol emosi atau perasaan, jangan sampai kita mejadi seorang yang tempramen atau penakut atau terlalu pemalu, dan sebagainya.

Ketiga, tersenyum. Senyumlah untuk memotivasi diri.

Lalu, apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari berpikir positif? Tentu ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berpikir positif.

Menyehatkan Jantung

Pertama, berpikir positif dapat menyehatkan jantung. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, selalu berpikir positif dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Menjaga Tekanan Darah

Kedua, menjaga tekanan darah. Seorang yang selalu berpikir positif akan terhindar dari kebiasaan mudah marah yang mengakibatkan tekanan darah menjadi tidak stabil.

Memanjangkan Umur

Ketiga, memiliki umur yang panjang. Selalu optimis dan berpikir positif akan membuat seseorang lebih sehat dan tentu akan memperpanjang umurnya. Bahkan, berpikir positif juga akan menghindari dari berbagai gangguan kecemasan dan gangguan psikis lain. [w2/09-ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *