Beberapa Persiapan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh

Beberapa Persiapan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh

keluarga tips

Beberapa Persiapan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh – Memang ibadah umroh ini bisa dilakukan kapan saja, meski begitu sebenarnya memperhatikan pemilihan waktunya cukuplah penting.

Pasalnya Arab Saudi memiliki kondisi iklim gurun. Pada saat musim panas datang yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus maka suhu udara disana bisa mencapai hingga lebih dari 45 derajat celcius.

Sedangkan musim dingin disana akan berlangsung mulai dari November hingga Februari, dimana pada siang hari suhunya itu sekitar 38 hingga 42 derajat celcius, sedangkan pada malam hari suhunya itu bisa mencapai hingga 8 derajat celcius.

Ibadah umroh ini tidak hanya diminati pada bulan Ramadhan saja tetapi juga ramai dilakukan pada saat datangnya musim liburan mulai dari bulan Juni hingga Agustus.

Jika Pembaca ada rencana akan melakukan Ibadah umroh dalam waktu dekat ini maka persiapan umroh harus diperhatikan sebelum berangkat umroh benar adanya.

Berikut beberapa persiapan yang harus diperhatikan sebelum berangkat umroh diantaranya yaitu :

[1] Memilih Agen Travel Terpercaya

Hal pertama yang harus Pembaca perhatikan adalah memilih agen travel terpercaya misalnya saja Blibli.com yang telah memiliki kredibilitas dan pengalaman yang baik didalam menyelenggarakan ibadah umroh dan haji.

Pastikan Pembaca menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Supaya biaya dan tenaga hemat maka sebaiknya pilih paket travel regular sehingga tidak perlu singgah atau jalan jalan dulu ke Malaysia, Dubai, Mesir, Turki, dan yang lainnya.

Tetapi akan langsung ke Madinah karena memang hanya fokus untuk beribadah saja dan tidak melakukan tour kemana mana. Karena adanya beberapa kasus yang memilih paket plus wisata, dimana jalan jalannya tidak akan berjalan dengan maksimal karena fisiknya sudah merasa kelelahan setelah melakukan ibadah umroh.

[2] Mengurus Dengan Segera Perlengkapan Dokumen

Kamu juga harus segera mengurus berbagai perlengkapan dokumen untuk keperluan admintrasi seperti paspor, foto close up (dimana muka terlihat lebih dekat dan juga jelas), kartu kuning vaksinasi meningitis dan influenza.

Yang terakhir sangat diperlukan karena merupakan salah satu syarat bagi para calon jamaah haji atau umroh yang diwajibkan oleh pemerintah Arab Saudi. Pada beberapa kasus untuk mengurus paspor, foto, dan vaksin ini akan memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu hingga semuanya beres.

[3] Melakukan Latihan Fisik

Jika Pembaca salah seorang yang jarang berolahraga maka mulailah sejak saat ini disetiap paginya melakukan latihan fisik berupa jalan kaki atau jogging sebelum berangkat umroh.

Beberapa Persiapan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh
Beberapa Persiapan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh

Beberapa Persiapan Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Umroh

Tujuan dari dilakukannya latihan fisik ini adalah supaya nantinya Pembaca terbiasa dan fisik pun akan menjadi lebih kuat pada saat melakukan tawaf, sai, dan berjalan kaki ke setiap masjid untuk melakukan ibadah.

[4] Membaca Beberapa Buku Panduan Umroh

Mulailah dari sekarang untuk membaca beberapa buku panduan umroh misalnya rukun rukun dan larangannya, doa doa pada saat rukun umroh dan juga solat sunah seperti shalat jenazah karena di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram hampir setiap setelah melakukan ibadah solat wajib harus melakukan shalat jenazah.

Selain itu supaya Pembaca memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang agama maka pada saat berada disana akan mendapatkan info selain yang pernah didapatkan dari pembekalan pada saat manasik.

Pembaca pun harus menjaga kesehatan baik badan ataupun rohani, fisik dan hati. Semua itu harus dipersiapkan dengan betul serta tidak ketinggalan- memperbanyak doa agar Ibadah umroh bisa berjalan dengan lancar. [w4/4/2019_Ti]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.