Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018

Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018

Pengetahuan sejarah wisata

Sipatahunan adalah danau buatan yang dibangun oleh pemerintah pada 1971 kemudian tuntas diselesaikan pada 1975. Lantas apa maksud dibangun danau buatan Sipatahunan? Tidak lain, tujuan dari dibuatnya danau tersebut adalah untuk sarana irigasi se-kecamatan Baleendah yang dominan pesawahan.

Di 2018 ini Danau atau Situ Sipatahunan dialiri oleh sungai Cigajah dan dan sungai Cipancur. Luas permukaan situ ini adalah 10 hektar, dengan kedalaman hampir merata sekira 8 meter dan ketinggian permukaannya sekira 700 meter di atas permukaan laut.

Letak Situ Sipatahunan di Baleendah Kabupaten Bandung, tepatnya di Gunung Batu desa Baleendah, kecamatan Baleendah. Hari ini ada yang perlu dibenahi dari tata ruang sekitar danau ini mengingat suasananya yang belum bisa disebut sebagai tempat wisata.

Mari kita bersama-sama membangun Situ Sipatahunan. dan melestarikan kebudayaan kita bersama ini agar bisa lestari sehingga tidak kalah dengan kebudayaan bangsa lain. Sepatutnya kita bangga menjadi orang Sunda.

Kalimat tertulis di atas merupakan sebuah pernyataan sikap dari warganet yang mendukung diadakannya Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018. Dalam akun instagram pribadinya, warga kabupaten Bandung bernama Pohenk merasa perlu mengingatkan siapa saja yang menjadi Urang Sunda.

Hayu urang sasarengan ngamumule kabudayaan urang salerea sangkan teu leungiteun teu eleh ku kabudayaan batur “Kudu Bangga jadi orang sunda “

Apa Tujuan dari Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018?

Bila menyoal tujuan, festival lumpur ini memiliki misi melestarikan dan mengembangkan kesenian serta kebudayaan di Kabupaten Bandung. Pemerintah melalui seni dan budaya ingin meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya sektor kepariwisataan. Dan Festival Lumpur Situ Sipatahunan 2018 di Baleendah pada 25 April 2018 merupakan salah satu bentuk perwujudan dari upaya tersebut.

Tujuan lain yang tidak kalah penting esensinya adalah mengajak masyarakat untuk kembali mengenal, memahami tentang pelestarian situs-situs Sipatahunan yang merupakan warisan budaya di kawasan Kabupaten Bandung. Tentunya dengan adanya festival ini pariwisata Sipatahunan terpromosikan guna meningkatkan pendapatan asli Kepariwisataan di Kabupaten Bandung.

Ada Apa saja di Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018?

Di acara ini setiap orang bisa menyaksikan jamak permainan tradisional. Lumpur menjadi ajang utama semua permainan-permainan yang sebagian besar merupakan kesenian tradisional langka. Dari bidang kuliner pun tidak ketinggalan menyemarakkan perhelatan ini seperti disajikannya makanan tradisional Khas JawaBarat.

Media Sosial Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018

Untuk pembaca yang ingin memantau berita termutakhir seputar acara Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018, bisa mengikuti akun mereka baik lewat twitter, facebook dan instagram.

Facebook bisa dipantau di https://www.facebook.com/festivallumpur/ sedangkan untuk Instagram silakan ikuti perkembangan acara Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018 – di https://www.instagram.com/festivallumpur/

Akan ada banyak kaulinan (permainan) yang sudah dilakukan turun temurun seperti benjang, maen congklak, egrang, tarik tambang dan lain-lain di Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018.

foto pelengkap foto pelengkap Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018
[instagram/pohenk]
Pembaca .. Tertarik dengan Festival Lumpur Sipatahunan Kabupaten Bandung 2018? Silakan hadir dan informasikan tentang upaya melestarikan seni dan budaya urang Sunda ini. []

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *