Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX!

Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX!

Honda Otomotif Soreang

Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX! – Tahun 2017 lalu, pasar otomotif Indonesia dipenuhi dengan motor matic yang hampir mencapai angka 80 persen. Jika dibandingkan 7 dari 10 jenis motor terlaris yang ada di Indonesia diduduki oleh motor matic.

Sisanya 1 motor sport dan 2 motor bebek. Meskipun belum sesukses motor bebek yang mampu menguasai pasar hingga mencapai 90 persen, matik tetap menjadi idola. Tinggal menunggu waktu saja, matik bisa melengserkan pamor motor bebek.

Karena sekarang ini banyak inovasi terbaru dalam kategori matic. Sebut saja motor matik Honda PCX yang siap bersaing di pasar roda dua Indonesia, menyaingi Yamaha NMAX.

Baru-baru ini, ada jenis baru dari motor matic. Dikatakan baru karena jenis motor ini berbeda dengan motor matic generasi pertama seperti motor Yamaha Mio dan Honda Beat sebagai penaik rating bisnis roda dua di Indonesia.

Honda melakukan inovasi dengan munculnya Honda PCX 2018. Desain motor yang besar membuatnya sering disebut motor gambot. Selain itu, posisi duduknya lebih santai dengan posisi dek depan yang miring, sehingga bisa untuk selonjoran kaki saat mengendarainya.

Motor ini juga memiliki sebutan motor matic premium dilihat dari harganya yang memang melambung tinggi dibanding dengan matic yang biasa. Jika matik biasa dengan mesin 110 cc dan 125 cc dibanderol dengan harga sekitar 15 sampai 20 juta, motor Honda PCX ini memiliki harga dua kali lipat harga matic biasa.

Popularitas Yamaha NMAX sejak pertama dirilis memang tidak bisa dipungkiri. Dibanding dengan Honda PCX penjualan Yamaha NMAX lebih unggul, hal ini disebabkan karena faktor harga. Di mana Yamaha NMAX, Motor yang dilengkapi dengan fitur anti lock braking system ini dibanderol dengan harga 24.7 jutaan sedangkan Honda PCX mencapai angka 30 jutaan, hal ini bisa di bilang wajar, karena Honda PCX merupakan produk Impor.

Saat memutuskan untuk memproduksi motor lokal, pabrikan yang berlogo gaputala ini tergolong cerdas. Mengamati apa yang sudah dilakukan oleh kompetitornya, yaitu; Honda melihat produksi Yamaha NMAX yang bertempat di pabrik Yamaha Pulogadung mampu menekan biaya produksi hingga harga Yamaha NMAX tidak terlalu tinggi.

Belajar dari sana, Honda melakukan pembaharuan dalam sistem pemasarannya dan menyadari PCX yang diproduksi di Vietnam tidak mampu membuat konsumen melirik, maka cara yang paling masuk akal adalah dengan melokalkan produksinya.

Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX!

Dan di akhir 2017, Direktur Pemasaran PT. Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengisyaratkan bahwa mereka berencana memasarkan PCX di Indonesia. Akhirnya, di awal Desember 2017, tepatnya tanggal 13 Desember, Honda meluncurkan PCX buatan pabrik di Sunter, Indonesia – anya selang beberapa hari setelah Yamaha meluncurkan NMAX 2018 di sentul, Bogor.

Selain itu, permintaan konsumen menjadi motivasi utama Honda untuk melokalkan PCX. Dengan melokalkan produksi PCX, membuat harganya menjadi lebih kompetitif. Honda PCX 2018, dipasarkan dengan harga sekitar 27 juta hingga 32 juta di DKI Jakarta. Dengan hadirnya Honda PCX yang di produksi dalam negeri, akan membuat konsumen mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Salah satu yang paling menonjol adalah harga Honda PCX 2018 yang memang berbeda jauh dengan harga Honda PCX impor. Dengan harga yang Sebanding dengan Yamaha NMAX, Honda berharap bisa menyaingi Yamaha yang telah lama menguasai pasar motor di kelas ini.

Honda PCX 2018, tampil lebih mewah dibanding dengan yang sebelumnya, dengan memasang desain lampu depan dan belakang yang sudah full LED. Bodinya juga lebih besar dibanding dengan pendahulunya, selain itu terdapat empat pilihan warna yang membuatnya semakin eksklusif yakni, merah, putih, emas dan hitam.

Kesan modern tercipta di penggunaan panel instrumen digital yang berlatar biru dengan angka informasi memiliki kelir putih. Terdapat berbagai fitur baru yang di terapkan Honda di PCX ini, salah satu yang menarik smart key System.

Fitur locking yang berada di dashboard kanan PCX yang di integrasi dengan tiga teknologi yakni keyless, answer back Systems, dan alarm. Sedangkan pemberian nama smart key sistem juga bukan tanpa alasan, karena bisa membuka tangki bensin dan bagasi dari sana.

Pembaharuan lain pada Honda PCX 2018 ini adalah adanya ban tubless lebih lebar yang berguna untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, jika sebelumnya roda belakang masih menggunakan rem tromol, kali ini sudah di ganti dengan menggunakan rem cakram.

Selain itu fitur idling stop System (ISS) yang berfungsi sebagai penghemat bahan bakar akan tetap dipertahankan. Cara kerja ISS yang menonaktifkan mesin otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik ini, dirasa masih dibutuhkan dalam fitur terbaru PCX.

Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX!

Dalam sektor mesin, Honda PCX mengadaptasi dari Vario 150 yang memiliki jantung mekanisme berkapasitas 149,3 cc SOHC dan berpendingin cairan. Jantung mekanis PCX juga mampu menggelarkan torsi puncak 13,2 Nm di 6.500rpm dengan tenaga maksimal 14,7 PS di 8.500rpm.

Honda mengklaim bahwa, PCX mampu menghemat konsumsi bahan bakar sampai 45 Kpl. Honda PCX 2018 dipasarkan dam dua varian yakni CBS (Combi Brake System)dan ABS (Anti-lock braking System).

Berikut ini, spesifikasi Honda PCX 2018 dengan varian CBS

Fitur pembeda

Adanya Mobile Charging, namun sayang belum memiliki Cruise Control dan pengatur ketinggian kunci.

Mengenai kelistrikannya, Honda PCX 150 ini mempunyai Indikator Lampu, Adjustable Headlights, memiliki Head Lamp LED, Lampu Belakang LED serta voltase aki berukuran 12 V

Sasis dan Suspensi

Material rangka : Double Cradle. Memiliki Side Wing, dengan tipe jok Dual stepped

Keamanan dan keselamatan

Dilengkapi dengan Dimmer switch dan Leg Guards, tidak dilengkapi ABS, Sandaran kursi, dan Launch Control. Fitur keselamatan Combined Brake System, dengan Reflektor samping Opsional. Mode berkendara Strees. Namun sayang tidak dilengkapi Wheel lock depan/belakang.

Konsol

Memiliki Panel Instrumen Digital, Indikator BBM Digital, Tripmeter digital, Spedometer Digital, Tachometer Digital, Layar display namun sayang belum memiliki sistem navigator.

Rem

Untuk rem Honda PCX 2018 bagian depan Disc dan bagian belakang Drum

Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX
Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX [internet]

Inilah Honda PCX 2018 yang Akan Menyaingi Yamaha NMAX!

Ban dan velg

Ukuran velg depan R14 dan Ukuran velg belakang R14, sedangkan ukuran Ban depan 100/80 R14 dan Ban belakang 120/70 R14. Untuk jenis ban radi, Tubeless.

Sasis dan Suspensi

Suspensi Belakang Twin Shock dan Suspensi Depan Telecopic Fork

Mesin dan Performa

Kapasitas mesin 0.15 L,

Kapasitas 149.3 cc, dengan Tenaga Maksimal 14.49, disertai Torsi Maksimal 13.2 Nm.

Jenis Penggerak Belt Drive, Katup per Silinder 2, Jenis Kopling Automatic, Centrifugal, Dry Type Konfigurasi Katup SOHC, Jenis Mesin 4-Stroke, SOHC, Jumlah silinder 1 dengan Rasio Kompresi 10.6:1, berdiameter x langkah 57.3 mm x 57.9 mm dilengkapi dengan Sistem Pendinginan Liquid Cooled, Jumlah langkah    4-Stroke dan Pipa Knalpot Single Exhuast.

Dimensi

Kategori Scooter, Tinggi motor 1107 mm dengan Panjang 1923 mm, Wheelbase 1313 mm. Bobot 131 kg dengan Kapasitas Tempat Duduk  2 Kursi, Lebar jok 745 mm, Ketinggian Jok 764 mm. Dengan Kapasitas Tangki Oli 0.8 L, Ground Clearance 137 mm.

Bahan bakar dan pembakaran

Sistem pembakaran Full Trasnsisterized dan istem bahan bakar PGM-FI

Opsi start Electric

Jenis Bahan Bakar Petrol

Gigi dan Transmisi

Jenis Transmisi  Automatic

Gear Box Variable speed

Kesimpulan, meskipun performa Honda tidak lebih baik dari rivalnya yakni Yamaha NMAX, namun Honda membuat pendistribusian tenaga yang begitu halus sehingga pengendaranya akan merasa sangat nyaman saat menunggangi Honda PCX ini.

Anda berminat untuk memiliki Honda PCX 150 2018? Sila datang ke Dealer Honda terdekat di kota Anda untuk segera Indent dan masuk dalam daftar tunggu.

Tips agar Anda diprioritaskan adalah dengan memastikan nama Anda masuk dalam daftar tunggu. [w1/3/2018_ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *