Inilah Isi Pesan Khusus KH Ma’ruf Amin di Dies Natalis IPDN Ke-66

Inilah Isi Pesan Khusus KH Ma’ruf Amin di Dies Natalis IPDN Ke-66

Jatinangor — IPDN mampu sebagai teladan penggugah semangat perubahan, memberikan inspirasi moral dalam melaksanakan pengabdian bagi bangsa dan negara serta dapat menghilangkan sekat-sekat ego sektoral di kalangan instansi pemerintah, Kamis 17 Maret 2022.

Demikian pernyataan Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin memberikan sambutan pada saat pelaksanaan acara puncak peringatan dies natalis IPDN ke-66 di Gedung Balairung Rudini IPDN kampus Jatinangor. Selain itu, pada acara yang diselenggarakan secara terbatas tersebut, Ma’ruf pun mengingatkan IPDN agar terus konsentrasi dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, profesional, visioner, berintegritas, beriman, berdaya saing serta memiliki karakter melayani masyarakat.

Acara yang bertemakan “Transformasi Digitalisasi, Budaya Mutu dan Berakhlak menuju Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Unggul, Berkualitas dan Bangga Melayani Bangsa”, IPDN menggelar upacara peringatan dies natalis dengan menampilkan video ucapan selamat dies natalis untuk IPDN dari beberapa pejabat tinggi negeri seperti Ketua DPR RI, jajaran Menteri Kabinet, Ketua DPD RI, Ketua Komisi II DPR RI, Wakil Ketua Komisi II DPR RI serta pejabat tinggi negeri lainnya.

video ucapan selamat dies natalis untuk IPDN dari beberapa pejabat tinggi
video ucapan selamat dies natalis untuk IPDN dari beberapa pejabat tinggi

Acara puncak dies natalis IPDN yang diikuti oleh seluruh Kampus IPDN daerah secara daring ini juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan kepada dosen, pelatih, pengasuh dan pegawai teladan serta pemberian hadiah kepada pemenang beberapa perlombaan yang dilaksanakan dalam rangkaian dies natalis IPDN ini.

Tak hanya Wapres RI, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani juga memberikan atensinya dengan mengucapkan selamat dies natalis untuk IPDN. Beliau mengatakan bahwa IPDN adalah salah satu sumber perekrutan ASN, karenanya mutu lulusan IPDN akan mempengaruhi kualitas aparat birokrasi kita.

“Kualitas praja IPDN harus semakin ditingkatkan, agar ketika lulus mereka siap menjadi abdi masyarakat yang menerapkan praktik good government dan good governance,” ujarnya. Selain Wapres RI dan Ketua DPR RI, Menteri Dalam Negeri Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. juga memberikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada IPDN atas langkah dan upaya IPDN dalam menyikapi peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengacu kepada sistem pembelajaran “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” yang merupakan kebijakan Kemendikbud Ristek.

“Alhamdulillah sampai saat ini pendidikan kader pamong praja masih eksis meskipun dengan mengalami berbagai dinamika perubahan dan perkembangan. IPDN tetap menunjukkan eksistensinya melalui kegiatan-kegiatan positif selama pandemi baik kegiatan akademik, vaksinasi massal hingga pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi atau bencana alam.

Saya juga sangat mengapresiasi prestasi IPDN yang telah menghilangkan tradisi-tradisi yang tidak baik seperti pemukulan dan kekerasan, hingga sampai dengan saat ini tidak terjadi lagi di IPDN”, ujar Tito. Pada kesempatan ini, Tito berharap baik praja maupun alumni IPDN dapat memiliki value, kecerdasan, kedisiplinan dan kepribadian yang humanis serta berakhlak, sehingga terbentuk jati diri yang unggul, berkualitas, berintegritas dan siap serta bangga mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya berharap praja IPDN dapat berperan sebagai think tank dan center of excellent dalam mendukung Kemendagri pada penyelenggaraan pemerintahan,” ujarnya.

Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M menyampaikan bahwa sampai tahun ini banyak sekali capaian gemilang yang telah diraih oleh IPDN, di antaranya terlihat dengan adanya peningkatan penerapan aplikasi digitalisasi dalam mendukung proses pembelajaran menuju smart campus, dibangunnya Laboratorium Program Studi Keuangan Publik di IPDN kampus Jakarta dan kampus Sumatera Barat, terjalinnya kerja sama dengan 117 Perguruan Tinggi dalam negeri dan beberapa Perguruan Tinggi luar negeri, diselenggarakannya beberapa kegiatan stadium general berskala nasional maupun internasional dan lain sebagainya.

“IPDN juga telah berhasil melaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi baik vaksin kesatu, kedua dan gebyar vaksinasi booster bekerja sama dengan TNI AL, relawan covid dan pemerintah daerah setempat dengan jumlah masyarakat yang tervaksin sebanyak 36.708 orang. Ini sebuah capaian besar dalam membantu pemerintah setempat meningkatkan herd immunity,” ujar Hadi Prabowo.

Dies-Natalis-IPDN-Ke-66-peserta-terbatas
Suasana acara Dies Natalis IPDN Ke-66 dengan peserta terbatas.

Rektor IPDN juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan ucapan selamat dies natalis untuk IPDN baik secara langsung maupun dalam bentuk video testimoni. Beliau juga menyampaikan bahwa IPDN akan terus meningkatkan kualitas pendidikan seperti yang telah diamanatkan oleh Bapak Mendagri, khususnya dalam peningkatan kualitas kompetensi praja, seperti upaya peningkatan dalam bidang IT, bahasa dan kearifan lokal.


BACA JUGA : RUMAH SAKIT DI SOREANG

One thought on “Inilah Isi Pesan Khusus KH Ma’ruf Amin di Dies Natalis IPDN Ke-66

Tinggalkan Balasan