Inilah Kalkulator Kenaikan Berat Badan untuk Ibu Hamil

Inilah Kalkulator Kenaikan Berat Badan untuk Ibu Hamil

Kenaikan berat badan ibu hamil yang ideal untuk setiap ibu tentunya berbeda-beda. Memantau penambahan berat badan selama masa kehamilan adalah sebuah keharusan. Serta mengikuti anjuran berat badan supaya tidak berlebihan atau kurang. Untuk itu, memerhatikan berat badan ideal ketika hamil sangat penting oleh semua wanita.

Tahukah Bunda? Laju kenaikan berat badan yang berlebih atau penurunan yang drastis, justru bisa mengakibatkan komplikasi pada proses kehamilan. Bagi setiap wanita yang tengah menjalani kehamilan supaya mengetahui berat badan ideal ketika hamil dengan tepat.

Berat badan memiliki peran penting dalam perjalanan kehamilan seorang wanita. Karena itu, berat badan ibu hamil tetap harus selalu dipantau. Jangan pernah beranggapan jika tampilan gemuk ketika hamil itu identik dengan kondisi sehat. Sebab, kenaikan maupun penurunan berat badan yang berlebihan bisa mempengaruhi kehamilan. Jika, Bunda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan selama hamil, maka risiko komplikasi selama masa kehamilan dan persalinan bisa meningkat.

Inilah Kalkulator Kenaikan Berat Badan untuk Ibu Hamil

Cara menghitung kenaikan berat badan ibu hamil yang ideal adalah berdasarkan Body Mass Index (BMI). Cara menghitung BMI, bunda dapat menghitungnya berdasarkan tinggi dan juga berat badan sebelum hamil.

Bunda dapat mengunakan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil secara online ketika hendak menghitung BMI.

Bunda pun dapat menggunakan rumus BMI apabila ingin menghitung secara manual.

Berat Badan (dalam kg) : Kuadrat Tinggi Badan (dalam ukuran meter).

BMI = (BB)/ [(TB) x (TB)]

Apabila Bunda sudah menghitung dan mengetahui nilai BMI, selanjutnya menggunakan panduan dari Institute of Medicine (IOM) guna mengetahui total kenaikan berat badan ibu hamil yang ideal :

  • BMI di bawah 18,5

Angka BMI ini menunjukkan bahwa Bunda underweight atau kekurangan berat badan. Kenaikan berat badan yang ideal selama masa kehamilan adalah 12 hingga 18 kg.

  • BMI 18.5 Sampai 24.9

Sementara, angka BMI ini menunjukkan bahwa Bunda ideal. Kenaikan berat badan yang ideal adalah 11 hingga 16 kg. Sebaiknya kenaikan berat badan ibu hamil yaitu mulai dari 0,5 hingga 2,5 kg di trimester pertama, lalu Bunda supaya berusaha menambah kenaikan berat 0,5 kg per minggunya.

  • BMI di atas 30

Angka BMI ini menandakan Bunda obesitas. Kenaikan berat badan yang ideal adalah 5 hingga 9 kg saja.

Sebagai contoh, jika Bunda memiliki berat badan 50 kg sebelum hamil dengan tinggi badan 160 cm, maka BMI-nya adalah 50/(1,6 x 1,6) = 19,5. Maka total kenaikan berat badan ideal Bunda selama hamil adalah 11 hingga 16 kg.

Ilustrasi Ilustrasi Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil (internet)
Ilustrasi Ilustrasi Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil (internet)

Inilah Kalkulator Kenaikan Berat Badan untuk Ibu Hamil

Namun, jika Bunda ingin menghitung BMI dengan menggunakan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil online. Dan di bawah ini cara mudahnya :

  • Memasukkan data diri Bunda (dalam ukuran cm) pada kolom “Tinggi”
  • Setelah itu, isi data berat Bunda sebelum hamil pada kolom “Berat Sebelum Hamil”
  • Kemudian, isi berat badan Bunda saat ini pada kolom “Berat Saat Ini”
  • Terakhir, masukkan usia kehamilan (dalam hitungan minggu) pada kolom “Minggu Kehamilan Saat Ini”, lalu klik “Cek”.

Kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil online kemudian akan menunjukkan data tentang apakah berat badan Bunda sebelum hamil itu normal atau tidak? Dan juga bagaimana kondisi saat ini. Bunda pun akan mengetahui tentang bagaimana memiliki angka ideal beserta tabel yang sudah tercantum dalam pembagian setiap minggunya.


BACA JUGA: 6 Persiapan Kehamilan Bagi Suami Istri

Tinggalkan Balasan