Jadwal Imsak dan Puasa untuk Bandung dan Sekitarnya

Jadwal Imsak dan Puasa untuk Bandung dan Sekitarnya

Jadwal Imsak dan Puasa untuk Bandung dan Sekitarnya — Puasa di Bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib dilaksanakan oleh setiap muslim baik laki-laki dan perempuan yang sudah balig.

H. Aceng Karimullah dari Dept. Pendidikan Agama dan Dakwah DPP LDII pernah menyampaikan tausyiah tentang Bulan Ramadhan pada channel YouTube LDII TV menyebutkan, kita wajib bersyukur kepada Allah Swt., karena masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan.

Kenapa Muslim Harus Bersyukur Ketika Bertemu dengan Bulan Ramadhan?

Alasan utama kita harus bersyukur bisa bertemu dengan bulan Ramadhan karena bulan tersebut tempatnya obral pahala. Karena itu, setiap orang Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sepatutnya merasa senang dengan turut menyukseskannya.

Ada 5 Sukses di bulan Ramadhan

  1. Sukses Puasa. Sukses puasa adalah upaya setiap orang yang melaksanakannya dan berusaha menjalankannya dengan baik dan bernilai di sisi Allah Swt. Maksudnya, menjalankan puasa tidak sekadar menahan lapar dan minum tetapi juga menjaga dari perkataan bohong dan dosa, mata terjaga dari pandangan-pandangan dosa, segenap panca indera kita harus ikut berpuasa.
  2. Sukses Qiyamulail. Kita pun harus melaksanakan solat malam berjamaah atau sholat taraweh. Bila selama ini kita ibadah sholatmalam di luar bulan Ramadhan hanya sesekali, 1 minggu sekali atau seminggu dua kali, maka di Bulan Ramadhan kita berusaha melaksanakannya setiap malam.
  3. Sukses Membaca Alquran. Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana Qur’a, diturunkan. Di bulan Ramadhan, bagi setiap muslim yang sudah lancara membaca alquran, supaya bisa khatam minimal sekali.
  4. Sukses Laitul Qodar. Beribadah pada lailatul qodar sama dengan beribadah seribu bulan, artinya pada malam tersebut umat Islam beribadah dengan lebih baik dibandingkan beribadah selama seribu bulan.
  5. Sukses Zakat Fitrah. Di akhir bulan Ramadhan, kita melaksanakan zakat fitrah. Rasulullah bersabda, dengan zakat kita membersihkan ketidaksempurnaan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Apabila kita sukses melaksanakan kelima poin tersebut, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan hikmahnya dan kembali mendapatkan kesucian atau idul fitri.

Jadwal-Imsak-dan-Puasa-untuk-Bandung-dan-Sekitarnya-Istimewa
istimewa

Jadwal Imsak dan Puasa untuk Bandung dan Sekitarnya

Apabila kita mau merujuk pada kalender umum 2022, Idul Fitri sudah ditandai jatuh pada 1 Mei 2022, maka bisa dapat diperkirakan awal Ramadhan adalah awal April 2022. Pemerintah melalui Menteri Agama RI lazim akan melaksanakan sidang istbat penentuan 1 Ramadhan bersama para pakar dan ormas Islam di Indonesia.

Update Jadwal Imsyak dan Puasa untuk Wilayah Bandung & Sekitarnya

JADWAL-IMSYAK-DAN-PUASA-BANDUNG-SEKITARNYA
JADWAL-IMSYAK-DAN-PUASA-BANDUNG-SEKITARNYA

Tinggalkan Balasan