Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang

Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang

Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang – 1985 adalah titik awal pembangunan Masjid Agung Al-Fathu Kabupaten Bandung. Momentumnya bersamaan dengan pindahnya Ibukota Kabupaten Bandung dari Baleendah ke Soreang.

Pada waktu itu, para Ulama dan Umaro setempat sepakat untuk menjadikan peristiwa perpindahan ini merujuk pada hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah yang tengah membangun masjid pertama; Masjid Quba.

Pun dengan Masjid Agung Al Fathu, dengan adanya peralihan pemerintahan Ibukota tersebut, dengan peletakan batu pertama Masjid Agung Kabupaten Bandung Soreang.

Menyoal penamaan Masjid Agung Al-Fathu, setelah para ulama melaksanakan sholat Istikharoh lalu memetik dari Surat An-Nasr Ayat I : Al-Fathu yang berarti Kemenangan.

Pemerintah pada awalnya membebaskan lahan Masjid Agung Al-Fathu sekira 2000 meter persegi dari pesawahan milik warga.

Selain dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD II) Kabupaten Bandung, Masjid Agung Al Fathu pun tidak lepas dari kontribusi masyarakat yang turut menyumbangkan bantuan lewat kupon infaq.

Gaya arsitektur dari Masjid Agung Al Fathu Soreang ini berciri khas Daerah Jawa Barat yang mengambil istilah Julang Ngapak. Pada bagian atap masjidnya tidak memiliki kubah lazimnya masjid lain yang di bangung di tengah-tengah masyarakat.

Pada 25 Agustus 1995 Gubernur Jawa Barat (yang tengah menjabat waktu itu adalah R. Nuryana) meresmikan Masjid Agung Al-Fathu Kabupaten Bandung.

Pemerintah sudah sejak 2006 merenovasi Masjid Agung Al-Fathu dengan Dinas Permukiman dan Tata Wilayah Kabupaten Bandung sebagai penanggung jawab proyeknya.

Di tahun yang sama pula, Pemprov Jabar menghibahkan kubah. Setahun kemudian (2007), Pemprov Jabar mengucurkan bantuan kepada Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al-Fathu Soreang Kabupaten Bandung untuk renovasi Masjid Agung Al-Fathu.

Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang

Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang
Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang

Bangunan lainnya yang mengelilingi Masjid Agung Al Fathu Soreang Kabupaten Bandung antara lain Gedong Sabilulungan, Bale Rame, Gedung Science yang semuanya berada di seberang Masjid dan yang paling mutakhir adalah Gedung Munara 99.

Demikian sekilas informasi tentang Bangunan Monumental Masjid Agung Al Fathu Soreang. Pemerintah kabupaten Bandung sangat berharap dengan keberadaan Masjid Agung Al-Fathu kelak mampu menjadi Pusat Kegiatan Umat Islam di Soreang. 

Harapan lainnya, Masjid ini mampu memberikan semangat dalam syi’ar Islam serta memberikan motivasi kepada warga Soreang dalam berswadaya mewujudkan kota yang religius dan bermartabat.


BACA JUGA: Niat dan Tata Cara Sholat Taubat

Tinggalkan Balasan