Mengenal Windy Cantika Aisah Sosok Atlet Angkat Besi (Lifter) Kabupaten Bandung

Mengenal Windy Cantika Aisah Sosok Atlet Angkat Besi (Lifter) Kabupaten Bandung

Mengenal Windy Cantika Aisah Sosok Atlet Angkat Besi (Lifter) Kabupaten Bandung – Windy Cantika Aisah merupakan Atlet Angkat Besi (Lifter) Kampung Babakan Cianjur, Desa Malakasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat – Indonesia. Prestasinya berhasil memecahkan rekor remaja dunia 2 kali dalam 1 tahun, pertama di Pattaya, Thailand dan kedua di Filipina. Semenjak itu pemberitaan mengukuhkan gadis kelahiran 11 Juni 2002 ini sebagai penerus Sri Wahyuni Agustiani.

Sri Wahyuni Agustiani adalah seorang atlet angkat besi Indonesia. Pada Asian Games 2014, ia memenangkan medali perak di kategori 48 kg, mengangkat total beban 187 kg (Wikipedia).

Hari ini (Minggu, 25 Juli 2021), nama Windy Cantika Aisah kian merebak harum. Semua media baik itu portal berita dan media sosial memberitakan kemenangan dan menyumbangkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Pada hari Sabtu, 24/7 — pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, Windy Cantika Aisah turun di cabang olahraga angkat besi kelas 49 kg putri dan berhasil membuat total Angkatan 194 kg. Dara 19 tahun ini hanya kalah dari lifter China, Hou Zhihui (China, emas – 210 kg) dan Chanu Mirabai (India, perak  – 202 kg).

Banjir Ucapan Dukungan

Atas kemenangannya tersebut, Presiden RI., Joko Widodo memberikan ucapan selamat dan menurut pemberitaan akan memberikan hadiah sebesar 1 milyar.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna pun merasa bangga atas prestasi warganya telah mengharumkan nama Kabupaten Bandung.

Mengutip portal berita detik, selaku kepala daerah – Dadang pun menyebutkan, “Saya merasa bahagia, atlet asal Kabupaten Bandung bisa mendapatkan medali di ajang Olimpiade.”

Dan banjir ucapan dukungan pun tidak terbendung. Apresiasi semakin riuh di linimasa media sosial. Tanda pagar #Weightlifting dan #Windy pun sempat berada di deretan trending topic Twitter Indonesia.

Windy Ingin Membangun Masjid

Portal berita Ayo Bandung menyebutkan kalau Windy dapat rezeki pada saat berlomba pada saat Olimpiade, dirinya ingin bangun masjid. Ibun yang Windy mengungkapkan hal tersebut.

“Sebelum berangkat ke Tokyo, Eneng (panggilan sehari-hari di rumah untuk Windy-red) sempat menyampaikan nanti ingin membangun masjid,” ucap Siti Aisah, ibunda Windy.

Tahukah Anda? Bakat olahraga angkat besi yang dimiliki oleh Windy berasal dari Siti Aisah – ibu kandung yang juga atlit olahraga yang sama.

Fakta

Deretan Prestasi Windy Cantika Aisah Dari Tahun Ke Tahun

Bersumber dari Detik, berikut deretan prestasi perebutan medali dari berbagai ajang lomba baik nasional serta internasional yang diraih sebelum ‘bersinar’ di Olimpiade Tokyo.

  • Emas pada gelaran SEA Games 2019,
  • Perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2019, dan
  • Emas POPNAS 2017.

Uang Kadeudeuh dari Provinsi Jawa Barat

Jauh-jauh hari, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mematok uang kadeudeuh bagi Atlit Kontingen Indonesia yang berjuang mengharumkan nama bangsa di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

  • Emas Rp 750 juta,
  • Perak Rp 500 juta,
  • Perunggu Rp 300 juta.

Dan Ridwan Kamil sudah memberikan Kadeudeuh untuk Windy Cantika Aisah lewat  Live Instagram pada hari Minggu (25/7/2021). Mengutip berita dari Tribun Jabar, Kang Emil berpesan, “Semoga prestasi kamu terus naik. Walaupun kamu nampak gemulai namun mampu mengangkat beban 194 kilogram. Jadi menginspirasi,” puji Ridwan Kamil.

Cabang olahraga lain yang diperjuangkan oleh atlit Indonesia, antara lain:

  • Antony Ginting (Bulutangkis),
  • Melani Putri (Dayung),
  • Aflah Fadlan Prawira (Renang),
  • Gregoria Mariska Tanjung (Bulutangkis) dan
  • Vidya Rafika (Menembak)

Mengenal Windy Cantika Aisah Sosok Atlet Angkat Besi (Lifter) Kabupaten Bandung

Mengenal Windy Cantika Aisah Sosok Atlet Angkat Besi (Lifter) Kabupaten Bandung
Mengenal Windy Cantika Aisah

Windy Cantika Aisah lahir pada 11 Juni 2002. Sejak 2016 berlatih cabang olahraga angkat besi hingga bisa memenangkan perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Windy Cantika Aisah tercatat sebagai siswi lulusan SMA Handayani 2 Banjaran dan SMPN 1 Baleendah, Kabupaten Bandung.

Windy Cantika Aisah tercatat sebagai Lifter Terbaik di Kejuaraan Junior Asia 2020.

Dalam wawancara dengan CNN Indonesia, “Saya tidak pernah menyangka akan diproyeksikan lolos ke Olimpiade 2020. Saya berusia 16 tahun ketika pelatih memberi saya target untuk lolos,” kenang Windy.


BACA JUGA: Cara Mudah Membentuk Otot Lengan

Tinggalkan Balasan