Ternyata, Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Sebaiknya Tak Dibaca di Waktu Ini

Ternyata, Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Sebaiknya Tak Dibaca di Waktu Ini
Ternyata, Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Sebaiknya Tak Dibaca di Waktu Ini

Ternyata, Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Sebaiknya Tak Dibaca di Waktu IniNiat dan tata cara sholat taubat ternyata memiliki cukup banyak larangan yang harus Anda ketahui. Terutama pada bagian pelaksanaan berdasarkan waktu.

Namun, apa itu sholat taubat? Sholat taubat sendiri adalah sholat sunah yang dilakukan untuk memohon pengampunan dari Allah SWT atas segala dosa maupun kesalahan yang pernah diperbuat.

Intinya, sholat taubat adalah sholat yang dilakukan untuk memohon ampun. Tetapi, sholat taubat juga bisa menjadi haram hukumnya apabila dilakukan di waktu tertentu, yaitu sebagai berikut.

[1] Mulai Dari Terbit Fajar Kedua Sampai Terbit Matahari.

Niat dan tata cara sholat taubat dapat batal apabila dilakukan pada waktu ini, yaitu ketika terbitnya matahari. Waktu ini adalah waktu pertama yang dapat mengharamkan shalat taubat. Yaitu dimulai sejak awal terbitnya matahari sampai dengan meninggi, sekitar ukuran satu tombak.

Dalam rentang waktu tersebut, Anda tidak diperbolehkan melakukan shalat. Tetapi, bila posisi tinggi matahari sudah mencapai satu tombak, maka Anda boleh kembali melaksanakan sholat. Artinya, setelah itu Anda sah melakukan shalat secara mutlak.

[2] Pada Saat Matahari Persis di Tengah-tengah Sampai Terlihat Condong

Waktu ketiga yang dapat membatalkan niat dan tata cara sholat taubat adalah ketika matahari berwarna kekuning-kuningan sampai matahari tenggelam.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, ada 3 waktu di mana Rasulullah SAW melarang umatnya shalat dan mengubur jenezah di dalamnya. Yaitu, ketika matahari terbit hingga meninggi, saat unta berdiri di tengah hari yang sangat panas sekali atau waktu tengah hari hingga matahari condong, dan waktu matahari condong menuju terbenam sampai terbenam.

[3] Mulai dari Waktu Sholat Ashar Sampai Matahari Tenggelam.

Waktu keempat yang dapat mengharamkan sholat taubat yaitu setelah melakukan shalat subuh sampai dengan terbit matahari.

Contohnya, anggaplah waktu shalat subuh itu dimulai dari jam 4 pagi. Pada jam 5 matahari telah terbit, yang berarti habisnya waktu subuh. Saat Anda melakukan shalat subuh pada jam 4.15 misalnya, atau pada jam berapapun Anda melakukannya, maka setelah selesai shalat subuh tidak diperbolehkan lagi melakukan shalat sunah. Tidak boleh melakukan shalat sunah ini berlaku sampai dengan terbitnya matahari dan bahkan sampai matahari meninggi.

Sebaliknya, dalam rentang waktu jam 4 sampai jam 5 pagi selagi Anda belum melakukan shalat subuh maka Anda diperbolehkan melakukan shalat apapun. Adapun orang yang melakukan shalat subuh secara qadlâan pada waktu shalat subuh maka ia diperbolehkan melakukan shalat lain sesudah itu.

Sebagai contoh, Anda belum melakukan shalat subuh karena suaty alasan pada hari kemarin, kemudian mengqadlanya pada waktu subuh hari ini. Setelah Anda melakukan shalat subuh qadla tersebut, Anda tidak dilarang melakukan shalat lain setelahnya.

[4] Saat Menjelang Matahari Tenggelam Sampai Benar-benar Sempurna Tenggelam

Waktu kelima yang dapat membatalkan niat serta tata cara sholat taubat yaitu sesudah melakukan shalat ashar sampai tenggelamnya matahari.

Kasus ini sama seperti contoh sebelumnya. Yaitu bagi Anda yang pada waktu shalat ashar melakukan shalat ashar qadha, maka ia diperbolehkan melakukan shalat lainnya. Keharaman melakukan shalat setelah melakukan shalat ashar ini akan terus berlaku sampai dengan tenggelamnya matahari.

Ternyata, Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Sebaiknya Tak Dibaca di Waktu Ini
Ilustrasi bertaubat [internet]

Jadi, itulah lima waktu yang dapat membatalkan niat dan tata cara shalat taubat. Jangan lupa untuk membaca alasannya sampai tuntas, berikut beberapa ‘hak istimewa’-nya supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Oleh admin

Mengabari Anda tentang update kota Soreang :)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *