Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 di Bale Rame Dome Sabilulungan

Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 di Bale Rame Dome Sabilulungan

Otomotif Soreang

Kecelakaan lalulintas menempati posisi ke-2 setelah penyakit stroke yang menyebabkan kematian. Demikian yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bale Rame – Dome kebanggaan milik Kabupaten Bandung yang lokasinya tidak jauh dari Gedong Budaya Sabilulungan. Informasi tersebut disampaikan oleh pak menteri dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 tadi pagi (Minggu, 21/10).

isu penting keselamatan jalan
isu penting keselamatan jalan [dokpri]
Sebelum pemaparan pak Budi, acara yang diisi dengan fun bike serta pasar kuliner baik makanan serta minuman ini pun didahului oleh sambutan bupati Bandung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Sofian Nataprawira. Dalam sambutannya, sekda yang piawai bernyanyi ini pun menyampaikan bahwa, “Tidak saja merenggut nyawa, kecelakaan lalulintas pun merugikan materiil.”

Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono memberikan sambutan saat talkshow keselamatan sebagai budaya bertransportasi
Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono memberikan sambutan saat talkshow keselamatan sebagai budaya bertransportasi [dokpri]
Sambutan selanjutnya datang dari Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Prahoro Tri Wahyono yang lebih menekankan pada ajakan membiasakan atau membudayakan keselamatan saat bertransportasi.

Budi Karya Sumadi pun menambahkan himbauan tentang keselamatan, menurutnya adacara mudah agar kita bisa berkendara dengan aman (safety riding) yaitu dengan mengurangi kecepatan kendaraan saat melaju, pengguna motor agar menggunakan helm, pengguna roda 4 menggunakan safety belt dan mematuhi peraturan berlalulintas.

Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 di Bale Rame Dome Sabilulungan

Menhub pun menjelaskan jika pengendara mengurangi kecepatan kendaraan sebesar 5% saja maka tindakan tersebut mampu mengurangi resiko kecelakaan sebesar 30%. Sementara itu, menurut catatan ada 70% korban kecelakaan didominasi oleh pengendara usia potensial dan produktif.

fakta kecelakaan lalulintas dunia
fakta kecelakaan lalulintas dunia [dokpri]
Untuk itu di acara the Talk Show Keselamatan Sebagai Budaya Bertransportasi pagi tadi diikuti oleh peserta mulai dari orangtua dan guru serta anak sekolah dasar, menengah dan lanjutan. Dan sebagai bentuk edukasi, himbauan keselamatan ini – pak menteri mengemasnya dengan kuis.

kuis orasi dari peserta yang didaulat oleh menteri perhubungan budi karya
kuis orasi dari peserta yang didaulat oleh menteri perhubungan budi karya [dokpri]
Pak Budi Karya memanggil beberapa peserta untuk ke atas panggung, semuanya ditantang menjadi sosok dirinya – sebagai menteri. Dan yang beruntung adalah seorang siswa dari SMPN 2 Soreang; Ricky. Dia berhak memboyong pulang 1 (satu) unit laptop dibandingkan peserta lain yang hanya bisa membawa pulang smartphone dan helm.

Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 di Bale Rame Dome Sabilulungan

Himbauan tentang #KurangiKecepatan yang menjadi tagar di sosial media, khususnya di Twitter – tidak kalah serunya menjadi trending topic pada hari Minggu 21 Oktober 2018. [w3/10/2018_ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *