Soreangku

Site Kit by Google dan Fungsinya

Site Kit by Google dan Fungsinya

Site Kit by Google dan Fungsinya — Apa sih itu? Secara singkat, Itu adalah plugin seperti halnya plugin lainnya di mana setiap blogger bisa memasangnya dengan mudah di WordPress (seterusnya akan disingkat dengan WP).

Fungsi utama dari Site Kit By Google adalah mendapatkan wawasan informasi langsung dari dashboard WP secara detil tentang bagaimana orang-orang bisa menemukan dan dengan kata kunci apa saja berkunjung ke website yang kita kelola.

Site Kit by Google dan Fungsinya

Bagi blogger yang juga memonetisasi blognya dengan Google Adsense, biasanya mendapatkan catatan di dashboard Adsense-nya yang merekomendasikan agar memasang (install) plugin Site Kit by Google di WP-nya.

Alasan Utama Blogger Memasang Site Kit by Google

Secara resmi Google menjelaskan alasannya, Site Kit memudahkan bagi penggunanya saat menyiapkan serta mengonfigurasi data seperti kata kunci sehingga memberikan ide dan cara sukses saat mengembangkan blog.

Lewat Site Kit by Google ini, pengguna WP akan mendapatkan satu paket produk Google yang saat memasangnya tanpa harus kecakapan koding. Tool Google tersebut akan terpasang dengan mudah di dalam dashboard WP dan kita bisa baca dan lihat sekaligus.

Apa Saja Google Tools-nya?

Ada empat produk Google yang menjadi satu paket bundling di dalam plugin Site Kit by Google ini.

4 tools google sekaligus dalam 1 WP admin
4 tools google sekaligus dalam 1 WP admin
  1. Search Console. Alat ini sudah tidak asing lagi bagi para blogger. Dengan alat ini setiap penggunanya akan dengan mudah mengukur sejauh mana kinerja dari blog yang bersangkutan dari sisi lalu lintas (traffic) serta kinerjanya di mesin penelusuran khususnya mesin penelusuran Google.
  2. Analytics. Pun dengan alat yang satu ini, sudah barang tentu menjadi ‘teman setia’ bagi para blogger. Alat ini akan memberi tahu penggunanya tentang bagaimana penggun internet menemukan blog, menggunakan serta keterlibatannya terhadap blog Anda.
  3. PageSpeed Insight. Ini adalah alat yang mampu menganalisa mengenai kecepatan blog. Maksudnya, seberapa cepat blog kita muncul saat pengguna membukanya. Dan apabila ditemukan kendala semisal blog muncul kurang cepat maka alat ini akan memberikan saran cara memperbaikinya dan bisa muncul dengan cepat.
  4. Adsense. Alat ini adalah produk Google yang menawarkan kepada blogger untuk memonetisasi blognya. Sehingga blog tersebut berpeluang menghasilkan uang lewat konten yang ada di dalamnya.

Site Kit by Google dan Fungsinya

Lantas, bagaimana cara kita memasang Site Kit by Google ini? Agar kita bisa memasangnya, silakan anda login ke WP Admin. Lalu, pastikan WP yang sedang Anda kelola bisa diakses oleh orang lain atau publicly accessible.

Selanjutnya, di bagian menu dashboard WP Admin klik pada bagian plugin. Lalu, pilih add new atau tambah baru. Kemudian, masukkan atau tulis,”site kit” pada kolom pencarian yang tersedia.

Klik Plugin - Site Kit by Google dan Fungsinya
Klik Plugin – Site Kit by Google dan Fungsinya

Setelah ditemukan, silakan langsung pasang saja plugin Site Kit by Google tersebut. Bila sudah terpasang dan diaktifkan, silakan Anda hubungkan dengan email yang dipakai untuk mengakses WP tersebut.

Catatan: Perlu Anda perhatikan terutama bagi Anda yang memiliki banyak blog. Saat memasang plugin ini, ingat masing-masing blog memiliki email sendiri-sendiri. Hubungkan plugin ini dengan masing-masing email tersebut.

Itulah sekilas informasi tentang Site Kit by Google dan Fungsinya. Intinya, dengan plugin ini – kita diajak untuk membiasakan cara baru saat kita hendak melakukan beberapa hal sehubungan optimalisasi blog. Kita akan mendapatkan kemudahan, semisal; kalau biasanya masing-masing alat tersebut kita buka satu per satu namun kita bisa sekaligus mendapatkan wawasan data terbaru cukup dengang membukanya lewat WP admin.


BACA JUGA: Empat Langkah Mudah Mengamankan Akun YouTube

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.