Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat — Menyoal daya tahan tubuh agar senantiasa terjaga maka sudah sepatutnya kita merutinkan tigal hal; berolahraga, konsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup.

Apa yang menyebabkan daya tahan tubuh manusia lemah atau menurun?

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh manusia guna membentengi tubuh dari serangan virus maupun kuman agar badan tetap sehat serta dapat melakukan aktivitas tanpa adanya gangguan kesehatan. Adapun penyebab menurunnya atau melemahnya daya tahan tubuh manusia adalah banyak faktor.

Kekurangan Nutrisi

Penyebab daya tahan tubuh menurun (lemah) adalah kekurangan nutrisi. Untuk itu penting bagi setiap manusia untuk memberi asupan bagi tubuh. Sebaiknya, setiap orang makan berbagai makanan yang seimbang ditambah dengan buah-buahan, sayur-sayuran serta sumber gandum utuh. Semua tersebut bertujuan utama agar mendukung sistem kekebalan tubuh yang selalu membutuhkan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan penting.

Hindari makan makanan berlemak, apalagi lemak takjenuh ganda yang lebih condong menekan sistem kekebalan tubuh. Apa saja asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh? Antara lain; vitamin C serta ginseng.

Vitamin C

Tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin C gunanya untuk:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh,
  • Melindungi tubuh dari penyakit jantung, mata dan kerutan pada kulit.

Kandungan vitamin C banyak terdapat pada buah dan sayuran. Dan bila daya tahan tubuh tengah menurun sudah sepatutnya ditamba dengan suplemen selain vitamin C. Untuk itu, pembaca bisa memanfaatkan herbal ketika hendak menjaga kekebalan tubuh.

Antioksidan yang terkandung pada setiap herbal lazim dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Sehingga daya tahan tubuh meningkat dan bisa meredakan jamak dari gejala penyakit, seperti; flu atau penyakit infeksi. Dan biasanya dalam setiap herbal terkandung antimikroba, pada madu – misalnya.

Dehidrasi

Seperti kita tahu bahwa tubuh manusia sangat bergantung pada air, baik jaringan maupun organ di dalamnya. Air akan membantu membawa nutrisi serta mineral ke sel, selain itu menjaga mulut, hidung dan tenggorokan agar lembap dan yang paling penting air mampu menghalau penyakit.

Walaupun tubuh manusia terdiri dari air sebanyak 60%, akan berkurang saat manusia buang air kecil, buang air besar, berkeringat hingga bernapas. Dan dehidrasi lazim terjadi tatkala manusia tidak mampu mencukupi atau mengganti cairan yang hilang.

Dehidrasi terbagi menjadi dua tingkatan, ada dehidrasi ringan hingga sedang dan dehidrasi akut.

  1. Dehidrasi ringan hingga sedang terkadang sulit diidentifikasi, namun berpotensi membuat manusia sakit. Gejala dehidrasi ringan hingga sedang biasa dihubungkan dengan kondisi badan nyeri, kelelahan, sakit kepala termasuk sembelit.
  2. Dehidrasi akut atau kronis. Kondisi ini bisa berbahaya yang mengancam jiwa manusia. Gejala tingkatan ini, yaitu; haus yang ekstrem, mata cekung, sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, kebingungan dan merasa lelah.

Kurang Tidur

Perlu kita sadari bersama bahwa saat manusia sedang tidur maka sel-sel dalam darah bekerja menjaga tubuh untuk melawan infeksi. Karena itu, bila manusia kurang tidur akan menyebabkan tubuh tidak mampu bekerja maksimal dalam melawan kuman penyakit atau infeksi.

Kurang Berolahraga/Aktif

Kurang berolahraga atau kurang aktif mampu menyebabkan sistem tubuh manusia menjadi lemah kekebalan tubuhnya. Pasalnya, menurut para pakar, olahraga teratur bisa membantu fungsi neutrofil – yaitu; jenis sel darah putih yang dapat membasmi mikroorganisme yang tidak baik serta dapat membahayakan kesehatan.

Stres

Di beberapa fase dalam menjalankan kehidupan setiap orang pernah dan akan mengalami stres dengan berbagai gejala. Beberapa gejala stres yang kerap muncul pada tubuh setiap manusia, bermacam-macam, seperti; sakit kepala, gelisah, sakit di dada dan merasa tegang. Apabila semua gejala tersebut bersatu dan dirasakan oleh penderitanya maka akan menimbulkan kerja yang keras dari sistem kekebalan tubuh manusian guna menangkal ‘ancaman’ sakit.

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat
Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Menyoal tips menjaga daya tahan tubuh agar senantiasa sehat, tentunya mengonsumsi asupan nutrisi yang memenuhi ketiga nutrisi tersebut, yaitu; buah-buahan, sayuran dan gandum utuh. Imbangi dengan olahraga sesuai dengan hobi Anda, misal bersepeda, jogging, bulutangkis dan lain-lain. Serta jangan melewatkan yang tidak kalah penting, yaitu tidur — lakukan dengan porsi yang cukup.

Baik Pembaca … Itulah informasi kesehatan semoga bermanfaat dan yang penting jangan sampai Anda masuk rumah sakit!

Tinggalkan Balasan