Yang Orang-Orang Tanyakan Tentang Sumedang

Yang Orang-Orang Tanyakan Tentang Sumedang

Sumedang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat dengan ibukotanya yang terletak di Sumedang Utara. Wilayah ini berdiri lebih dari berabad-abad yang silam, tepatnya pada 22 April 1578.

Ada Berapa Kecamatan di Sumedang?

Salah satu yang jamak orang tanyakan mengenai kota Sumedang adalah, “Ada berapa kecamatannya?” Dari sebuah website tentang Sumedang menyebutkan, Kabupaten Sumedang memiliki luas wilayah 155.871,98 Ha. Fakta ini sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang nomor 2 tahun 2012 mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sumedang Tahun 2011 – 2031 yang terdiri dari 26 kecamatan dan terbagi menjadi 270 desa dengan 7 kelurahan.

Apa Makna dari kata, “Sumedang”?

Makna kata, Sumedang” yaitu Aku dilahirkan, Aku menerangi. Kata Sumedang diambil dari kata Insun Madangan yang berubah pengucapannya menjadi Sun Madang yang selanjutnya menjadi Sumedang. Semboyan kalimat, “Insun Medal Insun Madangan” dalam logo kota Sumedang mempunyai arti, “aku lahir untuk memberi penerangan”.

Sumedang Penghasil Apa?

Selain termashyur sebagai kota Tahu, Sumedang pun penghasil palawija, semisal; jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang hijau, kedelai dan kacang tanah. Dengan jumlah panen jagung rata-rata 44.600 ton per tahun, Sumedang menjadi penghasil jagung terbanyak daripada palawija lainnya.

Kapan Hari Jadi Sumedang?

Kabupaten Sumedang merayakan Hari jadi kota Sumedang setiap 22 April dengan dasar hukum Undang – Undang Nomor 14 Tahun 1950.

Di mana letak Kerajaan Sumedang Larang?

Kerajaan Sumedang Larang adalah pecahan dari Kerajaan Sunda-Galuh yang mayoritas beragama Hindu. Pada awalnya bernama Tembong Agung dengan pendirinya bernama Prabu Aji Putih. Dan pada abad ke-8, atas perintah Prabu Suryadewata berubah nama menjadi Kerajaan Sumedang Larang. Dengan pusat pemerintahan berada di Citembong Karang, Kabupaten Sumedang.

Siapa Bupati Sumedang Sekarang?

Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M.
Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M.

Bupati Sumedang adalah Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M. (lahir 5 Desember 1973) yang masih akan terus memerintah hingga 2023.

Yang Orang-Orang Tanyakan Tentang Sumedang

Demikianlah sekilas informasi mengenai yang kerap orang sering tanya tentang Kabupaten Sumedang, semoga menambah wawasan kita semua. Selamat beraktifitas!


BACA JUGA: Inilah Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit 

Tinggalkan Balasan